Jumat, 02 Mei 2014

Penahanan Pesawat Kecil di Lanud Soewondo Bukti Kesigapan TNI AU


Medan (MI) : Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I (Pangkoopsau I)  Marsda TNI M Syaugi SSos menyatakan, penahanan pesawat kecil yang memasuki wilayah udara RI baru-baru ini merupakan bukti kesigapan dan kesiagaan personel TNI AU.
Demikian dikatakan Pangkoopsau I Marsda TNI M Syaugi SSos pada acara serahterima jabatan Komandan Lanud Soewondo dari Kolonel PNB SM Handoko SIP MAP kepada Kolonel PNB Surya Chandra SIP Dipl of MDS di Lapangan Lanud Soewondo Medan, Rabu (30/4). Menurut Pangkoopsau, kesiagaan itu harus terus ditingkatkan sehingga keamanan dan keutuhan NKRI tetap terjaga.

Namun demikian dia mengaku masih perlu adanya penambahan radar di beberapa wilayah NKRI untuk meningkatkan dan memperkuat kemampuan pengawasan terhadap wilayah NKRI dari ancaman penyusupan. Ketika ditanya tentang tingkat kerawanan penyusupan ke wilayah udara NKRI, Pangkoopsau tetap yakin aman karena terbukti pesawat kecil saja yang masuk wilayah udara NKRI bisa terpantau.

Pangkoopsau mengaku bangga dengan kinerja personel Lanud Soewondo dan berharap dapat terus ditingkatkan. Dia juga meminta agar profesionalisme personel TNI AU dapat terus dilatih sehingga kemampuan personel semakin baik. "Alih tugas merupakan hal yang biasa dalam tubuh organisasi. Pembinaan personel juga  terwujud dari penyegaran manajemen dalam tugas sehari-hari," ujarnya.

Pangkoopsau mengatakan, untuk lebih mendayagunakan SDM dalam jajaran TNI AU maka diperlukan penyegaran sehingga tercipta kondisi kerja yang ideal. Dia menambahkan, secara geografis Lanud Soewondo sangat strategis karena wilayahnya dekat dengan Selat Malaka, sekaligus dekat dengan beberapa objek vital nasional.

Karena itu, pengamanan wilayah udara NKRI harus tetap terjamin dengan kemampuan SDM dan Alustista yang baik. "Lanud Soewondo menjadi front of base untuk gangguan keamanaan NKRI.  Karenanya, untuk jaminan rasa aman bagi bangsa dan negara, perlu personel handal dan TNI AU juga menempatkan pejabat yang handal agar berhasil dalam tugas," terangnya.

Kepada pejabat baru, Pangkoopsau meminta agar menjaga kepercayaan pimpinan yang telah memberikan kehormatan dengan jabatan sebagai Komandan Lanud Soewondo Medan. Dia mengingatkan bahwa tugas tersebut tidak ringan, namun dengan kerja keras tugas tersebut pasti bisa dikerjakan dengan baik.

Dia juga meminta Komandan Lanud Soewondo yang baru dapat meneruskan kerja-kerja positif pejabat yang lama sekaligus membuat terobosan-terobosan baru untuk kemajuan Lanud Soewondo Medan. Pangkoopsau juga mengingatkan jajaran Lanud Soewondo Medan untuk terus membina hubungan baik dengan jajaran terkait di Sumatera Utara dan Kota Medan khususnya.
Sumber :  Analisadaily

Tidak ada komentar:

Posting Komentar