Senin, 28 April 2014

Lead Integrator ALUTSISTA Matra Laut




Suabaya (MI) : PT PAL, Minggu 27 April 2014, Peluncuran Buku, Lead Integrator Alutsista Matra Laut, Membelah Samudera Mengamankan Nusantara menjadi pemuncak rangkaian HUT PT PAL Indonesia (Persero) yang ke 34 tahun, yang digelar dalam Gebyar Panggung Gembira. Kegiatan HUT kali ini mengambil tema, Dengan Semangat Lead Integrator Kita Wujudkan Kemandirian Alutsista Menuju Bangsa Yang Bermartabat.


Perjalanan panjang hingga akhirnya mengantarkan PT PAL Indonesia (Persero) menjadi lead integrator adalah sebuah proses yang tak mudah. Eksistensi PT. PAL Indonesia (Persero) sebagai Lead Integrator Matra Laut Indonesia, tak terlepas dari amanat Undang Undang No.16 tahun 2012, tentang Industri Pertahanan serta merujuk pada Surat Keputusan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) dengan SK No.KEP/12/KKIP/XII/2013 tanggal 17 Desember 2013, dimana PT PAL Indonesia (Persero) mendapatkan tugas dan amanah sebagai Pemadu Utama (Lead Integrator) pembangunan alutsista Matra Laut. Dalam pengembangan produk kapal khususnya kapal perang dalam rangka pemenuhan kebutuhan ALUTSISTA disesuaikan dengan kebutuhan yang tertuang didalam Renstra TNI AL. Untuk pembangunan produk-produk yang teknologinya belum sepenuhnya dikuasai oleh PT. PAL Indonesia (Persero), dilaksanakan melalui program Transfer of Technology (ToT) bekerjasama dengan Partner penyedia teknologi. Dalam kapasitas tugas tersebut, PT PAL Indonesia (Persero) akan melakukan sinergi dengan pihak terkait, antara lain : Perusahaan BUMN, Perusahaan Swasta Nasional lainnya serta Galangan Kapal Nasional, Industri Strategis, Institusi Pendidikan, dan Lembaga-lembaga riset.

 

Kepercayaan tersebut ditindaklanjuti dengan kinerja yang baik yang didukung oleh SDM handal dan kompeten, penguasaan teknologi, didukung fasilitas yang layak dan modern serta penyerahan produk tepat waktu dan hasil yang excellence. Rangkaian peringatan HUT PAL ke 34 tahun ini ditandai dengan beberapa momentum. Antara lain pelaksanaan upacara bendera tanggal 15 April 2014, ditandai pula dengan penyerahan taliasih pada para purna tugas, serta pemberian hadiah lomba 5R (Resik, Rajin, Ringkas, Rawat, Rapi); Lomba Knowledge Sharing dan Lomba Poster Zero Accident. Kemudian tanggal 16 April 2014 dilaksanakan Keel Laying kapal PKR-105/Frigate No 1, serta akan dilaksanakan First Steel Cutting Proyek Oil & Gas WHP Madura BD hari Rabu, tanggal 30 April 2014. Sedangkan Puncak rangkaian kegiatan HUT PAL dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 27 April 2014 yang didahului dengan senam tawa, Gebyar Panggung Gembira dan dilanjutkan dengan peluncuran Buku “Lead Integrator Alutsista Matra Laut”, Membelah Samudera, Mengamankan Nusantara, yang secara simbolis diserahkan pada perwakilan pejabat serta sponsorship.

Acara panggung gembira ini dihadiri oleh beberapa pejabat TNI AL, Instansi Pendidikan, Mitra Kerja, Seluruh Karyawan dan keluarga.


Harapan kedepan setelah melalui perjalanan penuh dinamika selama 34 tahun, adalah semakin memantapkan kinerja, mengawal pertumbuhan agar stabil dalam dinamika positip, untuk kemudian dapat meraih kejayaan yang berarti, karyawan yang berintegritas dan loyalitas dalam kemakmuran untuk bersama-sama menuntaskan tugas untuk mewujudkan kemandirian alutsista matra laut menuju bangsa yang bermartabat dan disegani di kancah dunia.

Dirgahayu PT PAL Indonesia (Persero) ke 34 tahun, semoga Tuhan YME akan senantiasa memberkahi jalan untuk setiap niat yang terpancang, usaha yang dijejakkan, menjadi mimpi yang dikabulkan. Semoga tugas menjadi Lead Integrator Alutsista Matra Laut, menjadikan PT PAL Indonesia (Persero) sebagai galangan kapal dan rekayasa berkelas dunia, terpercaya, dan bernilai tambah bagi para pemangku kepentingan.





Sumber : BUMN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar