Selasa, 29 April 2014

KMC Komando Paling Cocok untuk Wilayah Kepulauan

Kapal Motor Cepat Komando. Yogi Bayu Aji

Jakarta (MI) : Kepala Staf Angkatan Darat Budiman menyebutkan pihaknya telah memesan 10 unit Kapal Motor Cepat Komando. Untuk tahap awal, KMC Komando bakal disebar ke Komando Resor Militer yang ada di wilayah kepulauan.

"Pertama untuk Maluku Utara, Papua di kepulauannya. Sulawesi Utara, Buton-Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Jawa di Kepulauan Seribu, Kepulauan Mentawai, Aceh, Natuna, Kepulauan Riau, dan Bangka Belitung," ujar Budiman pada peluncuran KMC Komando, Pantai ABC Ancol, Jakarta Utara, Selasa (29/4/2014).


Ia melihat adanya kebutuhan transportasi yang cukup besar di daerah kepulauan terpencil sehingga kapal tersebut diharapkan dapat menyelesaikan masalah transportasi di sana.


"Jujur, kadang-kadang kita sedih. Prajurit kita yang di pesisir, Koramil, terpencil kadang-kadang mereka memiliki keterbatasan dalam transportasi. Minta bantuan satuan lebih tinggi, dia terbatas juga. Jangan sampai tentara saya minta bantuan pihak lain," tandasnya.


Menurutnya, kapal tersebut memang cocok untuk wilayah kepulauan. Terlebih, ia memiliki kemampuan untuk mengantar pasukan hingga tepi pantai. KMC Komando pun tak menemukan banyak kendala ketika berada di kedalaman rendah.


"Kalau kedalamanannya ada kurang dari 1 meter masih kehisap pasirnya. Satu meter kita berani, tapi tidak kecepatan maksimal," ujarnya.





Sumber :  Metrotvnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar