Jumat, 02 Mei 2014

KRI BANJARMASIN-592 disambut Upacara Militer di Sasebo, Jepang


Sasebo (MI) : KRI Banjarmasin-592 tiba di Dermaga Sasebo, Jepang dengan disambut oleh Angkatan Laut Jepang dalam suatu upacara militer penyambutan yang dipimpin langsung oleh Chief of Staf Sasebo District Rear Admiral Maato Sato didampingi oleh Athase Pertahanan (Athan) Kolonel Sus  M Tawakal Syaihulhaq Sidik, Commanding Officer JS Shimakaze CDR Koji Goto  beserta Pejabat militer dari Pasukan Beladiri Angkatan Laut Jepang lainnya, Rabu (30/4/2014).
Kedatangan KRI Banjarmasin-592 di dermaga tersebut memberikan daya tarik khusus kepada warga setempat dan kapal-kapal yang berlabuh di sekitar dermaga Sasebo Jepang. Warga berbondong-bondong mendekat untuk melihat kapal perang TNI AL buatan dalam negeri  ini serta mengabadikan melalui kamera atau pun telephone seluler mereka.
Setelah upacara penyambutan selesai, rombongan dari kapal perang Jepang dipimpin Commanding Officer JS Shimakaze CDR Koji Goto didampingi oleh  Athan berkesempatan meninjau kapal perang produksi dalam negeri yang bertugas di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) tersebut, sementara WNI yang turut menyambut kehadiran KRI BJM-592 langsung mengikuti rombongan untuk naik ke geladak utama kapal hanya untuk sekedar berfoto di atas KRI.
Komandan KRI Banjarmasin sekaligus Dansatgas KJK Letkol Laut (P) Jales Jamca Jayamahe mengatakan bahwa kehadiran KRI Banjarmasin-592  selama dua hari di Sasebo Jepang akan mengikuti beberapa kegiatan yang telah dijadwal oleh kedua  Angkatan Laut, selain melakukan kunjungan-kunjungan persahabatan ke pangkalan militer Angkatan Laut Jepang dan ke kunjungan ke kapal perang milik Jepang, pertandingan olahraga persahabatan, selain itu Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang berada di KRI Banjarmasin-592 dalam rangka Kartika Jala Krida (KJK) tahun 2014 juga turut akan melaksanakan beberapa kegiatan seperti, Kirab kota dengan menggelar drumband Genderang Suling Gita Jala Taruna, pertunjukan kesenian daerah serta kegiatan-kegiatan lainnya.
Semua kegiatan tersebut dimaksudkan selain untuk lebih meningkatkan kerja sama antara kedua negara atau lebih khususnya kedua angkatan Laut yang telah terjalin selama ini, kedatangan KRI Banjarmasin-592 juga dimaksudkan untuk publikasi maupun promosi tentang Indonesia, TNI Angkatan Laut (TNI AL), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan khususnya KRI Banjarmasin-592 sebagai salah satu produk buatan anak bangsa di luar negeri. 

Taruna AAL Hebohkan Sasebo Jepang

 

Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat II Angkatan LXI yang tergabung dalam Satgas Kartika Jala Krida (KJK) tahun 2014 membuat heboh dan memukau masyarakat Jepang di pusat perbelanjaan di kota Sasebo,  ketika melakukan atraksi Kirab Kota memainkan dan menunjukkan kebolehan para personel Taruna di dalam  menampilkan display Genderang Suling Gita Jala Taruna, Rabu (30/4/2014).
Pemandangan yang begitu meriah terjadi saat dentuman bass drum dihentakkan disusul oleh bunyi terompet yang saling bersahutan ikut meramaikan Kirab Taruna AAL tersebut, apalagi ditambah dengan liukan-liukan dari Tambur Mayor sambil memainkan stick menambah Atraksi drumband Taruna AAL menjadi begitu atraktif membuat suasana di kota Sasebo menjadi terasa berbeda. Ditambah lagi Marching Band dari Sasebo juga ikut menyemarakkan, sehingga membuat masyarakat di Selatan negara Jepang tersebut benar-benar menyemut di jalan yang dilalui oleh taruna AAL tersebut.
Taruna AAL melakukan Kirab Kota yang menyusuri ruas jalan protokal Sasebo dengan memainkan Genderang Suling Gita Jala Taruna ini disaksikan oleh Chief of Staf Sasebo District Rear Admiral Maato Sato didampingi oleh Athase Pertahanan (Athan) Kolonel (DK)  M Tawakal Syaihulhaq Sidik serta Komandan KRI Banjarmasin-592 yang sekaligus Komandan Satgas Kartika Jala Krida Letkol Laut (P) Jales Jamca Jayamahe.
Menurut Dansatgas KJK tahun 2014 Letkol Laut (P) Jalesjamca Jayamahe, menjelaskan atraksi Kirab Kota serta menampilkan display Genderang Suling Gita Jala Taruna tersebut merupakan rangkaian ataupun bagian dari Latihan dan Praktek (Lattek) Jalayudha 2014 AAL Angkatan 61 yang mengikuti perlayaran ke empat negara seperti China, Korea, Jepang dan Philipina menggunakan KRI Banjarmasin-592.
Genderang Suling Gita Jala Taruna merupakan sejenis drum band atau marching band yang dimainkan oleh Taruna AAL. Genderang Suling Gita Jala Taruna terdiri dari tujuh bagian alat musik atau sering disebut dengan kopel dan dipimpin oleh empat orang Tambur Mayor. Adapun Kopel Genderang Suling Gita Jala Taruna terdiri dari Senar Drum, Tenor drum, Bass Drum, Belira, Terompet, Melopon dan Tuba.
Genderang Suling Gita Jala Taruna telah sering tampil di semua negara mulai negara-negara di Asia, Afrika, Australia, Eropa hingga ke Amerika. Genderang Suling Gita Jala Taruna bahkan pernah mendapatkan penghargaan dari sejumlah negara berkat penampilannya yang memukau serta menghibur.



Sumber : TNI AL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar