Sabtu, 03 Mei 2014

Pemberangkatan Latma Kopassus Chandrapura XXI/2014 ke Singapura

http://www.kopassus.mil.id/tfiles/image/news/id/news021398947234.jpg


Jakarta (MI) : Kegiatan Latihan Bersama ini adalah sebagai bentuk dari kerjasama militer antara Kopassus dan SAF Commando, yang pada hakekatnya merupakan perwujudan dan manivestasi dari hubungan bilateral antara kedua negara di bidang pertahanan yang dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di kedua negara dan ini adalah yang ke 21 kalinya.

Latihan bersama antara Kopassus TNI AD dan SAF Commando Singapura, dengan nama CHANDRAPURA, sudah dilaksanakan sejak tahun 1993, yang meliputi bidang taktik dan teknik kemiliteran.

Adapun yang menjadi tujuan dalam latihan bersama ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit di bidang taktik dan tekhnik militer, secara perorangan maupun kelompok, agar dapat meningkatkan kemampuan dan pengalaman prajurit pasukan khusus kedua belah pihak.

Di sisi lain, tujuan latihan bersama ini terkandung juga nilai strategis dan psikologis, dalam membangun kekuatan pertahanan kedua negara, serta adanya keterpaduan antara pasukan khusus Indonesia dan pasukan khusus Singapura.

Melalui latihan bersama ini, diharapkan akan memberikan gambaran sejauh mana kekuatan, kemampuan dan kesiap siagaan operasi pasukan khusus kedua negara, untuk menghadapi setiap bentuk ancaman yang akan mengganggu kedaulatan masing-masing negara.

Meskipun terdapat perbedaan di dalam taktik dan teknik operasional satuan antar negara, namun melalui jalinan kebersamaan yang dilandasi oleh sikap saling menghormati dan saling percaya, maka akan memudahkan dalam penyelesaian tugas-tugas yang dihadapi.




Sumber : Kopassus

1 komentar:

  1. Sdh baikan dg singapret, cepat benar TNI sdh luluh dan spt itu strategi pengaturan SAF didikan dr Israel hebat...............

    BalasHapus