Rabu, 30 April 2014

Indonesia Tuan Rumah Simposium Angkatan Laut Fasifik Barat 2016

KRI Banjarmasin 592 Saat mengikuti Western Pacific Naval Symposium di Tiongkok

Qingdao (MI) : Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Western Pacific Naval Symposium (WPNS) atau Simposium Angkatan Laut Pasifik Barat pada tahun 2016 mendatang. Kesepakatan itu disampaikan dalam forum WPNS ke-14 di Qingdao, Provinsi Shandong, Tiongkok, baru-baru ini.

“Indonesia sebagai tuan rumah WPNS itu,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Marsetio saat memberikan paparan pada forum tersebut yang dihadiri para Kepala Staf Angkatan Laut 20 negara anggota tetap dan empat negara peninjau WPNS.

KSAL berharap WPNS ke-16 yang akan dilaksanakan di Indonesia akan semakin memperluas cakupan kerja sama maritim di antara negara-negara bukan saja di Pasifik Barat, tetapi juga negara-negara di kawasan lain.

“Rangkaian WPNS 2016 akan diawali dengan lokakarya pada April di Jakarta, dan simposium pada September di Bali,” ungkap KSAL Laksamana TNI Marsetio seperti dilansir dalam siaran pers Kasubdispenum Dispenal, Kolonel Laut (P) Suradi Agung Slamet.

Ia berharap pada pertemuan mendatang itu dapat semakin banyak konsep strategis yang dihasilkan dan dilaksanakan untuk memperkuat hubungan dan kerja sama maritim di antara negara-negara di Pasifik, sehingga dapat semakin menjamin stabilitas keamanan dan kemakmuran kawasan.
“Penunjukkan sebagai tuan rumah menandakan posisi Indonesia semakin strategis tidak saja bagi kawasan di Asia Tenggara tetapi juga Pasifik,” tuturnya.

WPNS didirikan pada 1987 dan kali pertama mengadakan pertemuan satu tahun kemudian. Pada 1998, keanggotaan WPNS bertambah dari 13 negara menjadi 17 negara anggota tetap dengan dua negara peninjau. Sejak tahun 2014 keanggotaan WPNS menjadi 21 negara anggota tetap dan empat negara peninjau.

Selain menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah WPNS 2016, simposium juga memutuskan untuk menerima Pakistan sebagai negara peninjau. Sebelumnya tercatat tiga negara peninjau yakni Bangladesh, India dan Meksiko.

Sejumlah Kepala Staf Angkatan Laut hadir dalam forum WPNS ke-14 tahun 2014 di Qingdao, Tiongkok, yakni Kepala Staf Angkatan Laut Tiongkok (Kasal) Laksamana Wu Sheng Li, Kasal Malaysia Laksamana Tan Sri Abdil Aziz bin Haji Jaafar, Kasal Amerika Serikat Laksamana Jonathan Greenert, Kasal Singapura Lakasmana Madya Ng Chee Peng, serta Kasal negara-negara.




Sumber :  Jurnas

1 komentar:

  1. mohon tanya admin
    kita sebagai tuan rumah apa tidak bahaya... karna mreka bisa mengetahui kondisi alam kita secara nyata.. jadi seandainya klo terjadi perang mreka sudah tau kondisi alam kita pak.

    BalasHapus