Serial Alutsista (2): TNI AL Menuju Kekuatan Tiga Armada Tempur



Korvet Parchim Class  In Action
Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia sudah selayaknya dan harus memiliki kekuatan pengawal di lautan yang berfungsi sebagai penghubung, pemersatu, dan perekat negara kepulauan. Semboyan jalesveva jayamahe bisa diterjemahkan sebagai postur kekuatan TNI AL yang kuat, besar dan profesional. Embrionya mulai menampakkan tunas dan semakin membentuk patron itu, TNI AL sedang dan akan menuju tahapan strategis, menuju kekuatan tiga armada tempur.
Ketika saat itu akan segera tiba, kepulauan jamrud khatulistiwa Indonesia diniscayakan dikawal oleh kekuatan tiga armada tempur yang tangguh dan modern yang mampu memberikan kekuatan penangkal yang terukur, besar dan disegani. Saat ini TNI AL memiliki kekuatan dua armada tempur yaitu armada barat dan timur dengan alutsista utama 154 KRI dan 209 KAL, 2 divisi Marinir dan sebaran pangkalan yang merata.
Prediksi kekuatan tiga armada itu adalah :

Armada Barat
Pangkalann utama di Tanjung Pinang dan Belawan, pangkalan pendukung Dumai, Batam, Natuna, Lhok Seumawe, Sabang, Padang, Mempawah.  Jumlah KRI berkisar 80-85 KRI dari berbagai jenis (Fregat, Korvet, KCR, LPD, LST).  Wilayah pengawasan Armada barat adalah Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Natuna, Selat Karimata dan Pantai Barat Sumatera diperkuat dengan 3 Brigade Marinir.

Armada Tengah
Pangkalan utama di Surabaya dan Jakarta, pangkalan pendukung Makassar, Balikpapan, Tarakan, Bitung, Cilacap, Teluk Lampung dan Benoa.  Armada Tengah diperkuat dengan 85-90 KRI dari berbagai jenis termasuk satuan kapal selam, kapal rumah sakit.  Wilayah pengawasannya adalah Selat Sunda, Laut Jawa, Pantai Selatan Jawa, Selat Bali, Selat Lombok, Selat Makassar dan Laut Sulawesi.  Armada Tengah diperkuat dengan 4 Brigade Marinir.

Armada Timur
Pangkalan utama  di Ambon dan Kupang, pangkalan pendukung di Merauke, Jayapura, Sorong dan Ternate.  Sebaran KRI berkisar antara 82-85 KRI dari berbagai jenis (Fregat, Korvet, Kapal Selam).  Wilayah pengawasan adalah Laut Timor, Laut Arafuru, Laut Banda, Laut Maluku, Pantai Utara Papua.  Mengingat kontur laut di wiayah ini adalah laut dalam maka KRI yang beroperasi adalah dari jenis Fregat dan Korvet.  Armada Timur diperkuat dengan 3 Brigade Marinir.

Jumlah seluruh KRI yang dimiliki 3 armada tempur itu berkisar 250 KRI. Ini adalah jumlah minimal yang akan mengisi ketiga armada tersebut, sementara dalam Buku Putih Kemhan jumlah kekuatan KRI yang harus dipunyai oleh TNI AL adalah 274 KRI. Dari jumlah KRI sebanyak itu, persentase jenis FPB (Fast Patrol Boat) adalah yang terbesar, yaitu minimal ada 100 FPB yang mengisi arsenal TNI AL, semuanya dilengkapi peluru kendali dari jenis C-802.

Untuk pemenuhan KRI kelas FPB, secara teknis tidak mengalami hambatan karena TNI AL punya 4 Fasharkan yang sudah berpengalaman memproduksi FPB. Artinya alutsista ini dapat dipenuhi dengan memaksimalkan seluruh potensi  galangan kapal dalam negeri. Secara maksimal PT PAL dan Fasharkan dapat memproduksi 12-15 FPB 57/FPB 60 per tahun. Ini merupakan kebanggaan tersendiri karena sejatinya kita sudah mampu membuat kapal perang sampai setingkat LPD, bahkan saat ini sudah memproses pembuatan kapal perang jenis light fregat bekerjasama dengan Schelde Belanda.

Untuk menuju kekuatan tiga armada itu TN AL sudah melebarkan sayapnya dengan membentuk pangkalan-pangkalan baru yaitu Teluk Bayur, Kupang, Merauke, Tarakan. Sesuai skenario sebaran KRI maka setiap pangkalan pendukung ditempatkan secara permanen satuan KRI minimal ada 3 korvet/Fregat dan 5 FPB untuk mengawasi perairan di sekitarnya. Di pangkalan pendukung itu akan ditempatkan 1 batalyon pasukan marinir pertahanan pangkalan. Sementara di pangkalan utama ada barisan Korvet, Fregat, FPB, LPD, Kapal Selam dan lain-lain yang dikawal satuan Marinir setingkat brigade lengkap dengan persenjataannya (Tank Amphibi, Panser Amphibi, Rudal, Howitzer).

Starting point dari semua rencana strategis ini dimulai pada tahun 2011. Persiapan kearah starting point itu selama dua tahun terakhir ini sudah dipersiapkan dengan berbagai fasilitas dan perkuatan alutsista TNI AL. Sampai dengan tahun 2011 kita sudah dan akan menerima senjata strategis Marinir berupa 50 Tank Amphibi BMP-3F, 1200 Rudal QW3, 20 RM Grad, 60 Howitzer. Marinir juga akan melakukan retrofit pada sejumlah Tank Amphibi yang dimilikinya agar menjadi alat pukul yang memiliki power strike. TNI AL diprediksi akan menerima 4 Kapal Selam baru.  Jumlah kapal selam ini akan terus ditambah sampai mencapai jumlah 12 unit. Proyek Korvet Nasional sudah dimulai tahun 2010 dengan pembuatan 2-3 korvet setiap tahun di PT PAL. TNI AL juga memesan 8 kapal jenis trimaran buatan dalam negeri, 11 LST buatan PAL dan 27 Kapal Cepat Rudal. 

Dengan semua rencana strategis itu diharapkan pada tahun 2014 kekuatan TNI AL yang kuat, besar dan profesional akan mulai terlihat bentuknya dan akan semakin sempurna pada lima tahun berikutnya. Kita sangat berharap rencana strategis yang dibutuhkan untuk pengawal lautan ini dapat diwujudkan dengan mengutamakan pemberdayaaan indutri Hankam dalam negeri yang secara defacto kita sudah mampu mengorbitkannya. Tinggal bagaimana para decision maker di jajaran TNI AL dan petinggi Kemhan mampu mengoptimalkan PT PAL, PT DI dan Pindad sebagai industri hankam strategis untuk perkuatan alutsista. Jayalah TNI AL, jalesveva jayamahe.

42 komentar:

  1. MAJU INDONESIAKU, JAYALAH NEGERIKU,..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ente bener Denjaka ms Bro...klo boleh tau bener g itu jml grad ma QW3 pnya marinir kita...

      Hapus
  2. Sesuai UUD 1945 NKRI adalah kepulauan, jadi pertahanan laut sesuai pulau yg besar hrs ada lima(armada sumatra,armada jawa,armada kalimantan,armada sulawesi dan armada papua) dan komando armada ada dua(utara,selatan)pusatnya ditempatkan yg strategis.Barulah Nusantara akan berkibar lagi sesuai Jalesveva Jayamahe.

    BalasHapus
  3. memperhitungkan luasnya wilayah laut dan banyaknya pulau termasuk pulau kosong serta terbatasnya personil TNI yg bertugas menjaga pulau2 terluar dng sarana,prasarana dan fasilitas yg sngat trbatas,yg tdk mungkin saya ungkapkan pada forum ini, yg memberikan peluang negara lain utk dpt masuk ke wilayah negara kita baik dr darat,laut dan udara shg saya menyarankan kpd Bappenas,Kemhan,TNI,DPR,DPD atau sngkat kata smua pihak yg trlibat dlm pengambil keputusan utk dapat merubah paradigma, dng beranggapan smua alutsista yg baru diadakan cukup dpt memberikan efek gentar kpd negara lain, yg menurut saya sngat takabur, apalagi kita tahu sama tahu negara2 di asia tenggara punya alutsista yg jumlahnya lebih banyak dr negara kita,mis singapura punya MBT lbih banyak,pesawat tempur dan helikopter apache serta jumlah kapal selam, malaysia yg punya MBT lebih dr 1500 yg tersebar disepanjang perbatsan dng indonesia di pulau kalimantan,blm yg dikuala lumpurnya,blm lg dng kapal selam klas scorpene,dn pesawat F 18, hawk,belum lagi dengan negara2 persemakmuran inggris raya yg memback up malaysia spt yg terjadi pada saat jaman ganyang malaysia. Jadi jng berpuas diri. Kalau gak percaya maju duluan jng suruh tentara kita yg maju,emang hrs ada pengorbanan tapi kalau pengorbanan dng disertai alutsista yg kualitas dan kuantitas memadai atau lebih itu patut diacungi jempol dan hormat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry ya bro, you tau dari mana Malaysia punya 1500 MBT ? Mimpi kali ya bro ? Setahu ane MBT Malaysia di bawah 50 bijian doang ... Masalah kapal selam Scorpene Malaysia engga usah di besar-besarin deh bro, you engga ngikutin perkembangan kapal selam Indonesia belakangan ini ya ? Berdasarkan informasi yang sangat njelimet, Tuh yang latihan gabungan (April - Mei 2013) tempo hari di tiga (3) tempat, ada 6 kapal selam, di dukung 3 kapal tender TNI-AL, masing-masing 2 + 1 di setiap lokasi berbeda ? Padahal kita semua tahu kapal selam kita cuma ada 2 yang operasional (Cakra & Nenggala), lha yang 4 itu gimana coba terka ? Itu semua operasional bro, engga mungkin bohong ! Negara lain aja percaya kalau TNI-AL sudah memiliki kapal selam lebih dari 2 ! Bro pikir aja, gimana mau jaga perairan Indonesia dari Sabang - Merauke kalo engga ada siluman bawah airnya yang lumayan banyak ? Kan kita juga tahu kalau TNI-AL akan memiliki 12 kapal selam berdasarkan kebutuhan pokok persenjataannya.Baik di masa sekarang maupun yang akan datang.TNI-AU engga kalah-kalah amat dengan Malaysia, you tahu bro, MIG 29 aja sama Malaysia mau di grounded, sebabnya apa ? Ya karena SDM nya tidak mampu memelihara & mengoperasikan secara optimal alutsista mereka tersebut.Lain halnya dengan kita, ingatlah Malaysia selalu mencoba untuk meniru kita dalam hal pertahanannya.Mereka boleh berlimpah dana, tapi jangan lupa orang yang mengendalikan senjata itu sendiri lebihlah penting di bandingkan alutsista itu sendiri.Sejarah telah membuktikan itu sendiri.Mengenai Inggris, Singapura, Autralia, sebagai negara persekutuan OK lah.Namun perlu kembali di ingat hal itu tidaklah akan menjadi mereka menjadi super power regional.Banyak faktor penentu dalam memenangkan sebuah peperangan.Jadi buat apa kita harus takut dengan semua itu ? , Ok bro, salam damai ..........

      Hapus
    2. broo dewanta,engkau ini ego la broo....kalau mau menghitumg pakai matematika,jangan pakai ramalan.jangan terlalu memandang kelemahan negara lain sementara kelemahan negara sendiri tidak mau kita perhitungkan..maaf saya mulai satu persatu dari yg sekedar saya tau...jumlah pesawat tempur indonesia sangatlah sedikit jumlahnya berbanding singpore dan australia,broo kita mulai dari apa yg dimiliki singapore,sayapernah meneliti satu persatu di listpemebelian alutsista dari kedua negara,ternyata radar yg di gunakan sukhoi indonesia masih kalah sama radar yg di gunakan pesawat tempur singpore.maksudku jarak pandangnya.yg kedua heli serang berat apache juga kecanggihannya masih di bawah milik singapore broo.(udah baca broo..??)sekali lagi broo untuk jumlah pesawat tempur canggih maupun jumlah buat waktu ini,indonesia masih dibawah singapore.ingat broo tank2 singpore jauh lebih canggih dari milik indonesia walaupun dari janis yg sama,sebab di upgrid kembali.itu baru singpore broo...apalagi vietnam,dua korea,china,bro kekuatan dan pertahan idara malaysia sangat kuat broo,sebabnya adalah,''mereka telah berhasil memasangkan rudal brahmosh pada pesawat tempur yg mereka miliki.mereka akan menyerang dari udara dan terus menghilang..sementara senjata pertahanan udara yg ada di kapal perang dan darat indonesia ,kemungkinan sukar untuk menahan serangan udara seperti rudal brahmos/yakhont.broo realaxs broo..jumlah sukhoi indonesia yg di andalin cuma 16 unit ,meskipun lengkap dengan persenjataan canggih.namun,mampukah mengcover keluasan indonesia yg begitu besar..?? fikir broo..!!!.brroo anggaran 83-dan 86 yg di peruntukan untuk pertahanan indonesia bukanlah besar broo..UNTUK menghias NKRI yg begitu luas dan perlukan peralatan perang yg besar.memang besar anggaran itu kalau hanay untuk negara seluas malaysia dan singpre maupun vietnam,karena negara mereka kcil.broo sering-seringlah membaca kelemahan alat pertahanindonesia broo...sebab lebih dari 40 persen peralatan perang indonesia relatip tua dan banyak yg sudah batuk2 itu kata bekas seorang panglima yg sudah pensiun...broo sendiri siapa..\// broo semangat aja gak main lah brooo...broo persediaan minyak kalau terjadi perang antara indonesia dan malaysia milik indonesia hanya mampu bertahan satu hari .sedangkan malaysia jaauh di atas kita..bicara tentang pengendalian senjata..mereka juga bukan bodoh broo,perang sekarang tidak lagi menggunakan dog fight/bermakna kemapuan pilot disini perannya cuman sedikit karena mereka akan meng lock kita dengan rudal dari jauh karena visual range mereka masi di ataskita,danmereka bisamelakukan perang waktu malam,sementara pesawat tempur indonesia mngkin belum ketahaf itu....broo gimana rasanya kLu kita di serang dari jarak yg kita sendiri belum melihat mereka,apa yg akan kita lakukan..??fikir-fikir broo,marilah kita sama-sama banyak membaca lagi..(DEWANTAARIESSANDY,,,akun facebook gua roslanahmat berphoto profil helikopter 3 unit carilah saya tunggu,,sombonglo...fuckyou..1!!

      Hapus
    3. Panjaitan..
      broo....orang indonesiakah? setahuku org indonesia kgak pernah bro pesimis kyk ente.apalagi gembar-gembor negeri orang kgk banget itu bro...cinta tanah air bro..perlu bukti??
      bro mental tempe kyk bro itu di buang....kgk ada gunanya bro. saya tak bisa beberkan semua fakta tentang alutsista negara ini...terlalu wah di beberkan yang saya tahu modernisasi alutsista TNI bakal nyaingi negara tetangga...itu bener bro....mw fakta??
      lagian bro ini debat argument bro bukan cari ribut...ngapain pake nantangi org bro...g boleh bro, justru ente yang sombong....
      salam bro \...DEWA saya bukan dewanta. (org lain)

      Hapus
    4. panjaitan..
      lo inget bro..pake bambu aja belanda keok, gw siap mati untuk kedaulatan negri ini..rakyat indonesia siap mati, ga kaya lo, banggain negara lain

      Hapus
    5. Ane setuju ame panjaitan, bukannya meremehkan alusista pertahanan kita saat ini, tapi ada baik nya kita melihat ke negara tetangga khususnya ASEAN baru kita berkaca dengan peralatan militer kita. ane cukup bangga dengan kualitas militer Indonesia masuk 15 Besar Dalam Ranking Militer Dunia dengan power index sebesar 0,76 ditahun 2013 dan juga dalam kemampuan tempur personel nya yang bisa sejajar dengan negara super power seperti inggris(SAS),USA(Delta Force) dll. tapi dari segi persenjataan menurut ane masih minim.

      Dari jumlah armada Angkatan Laut kita mempunyai 317 unit KRI dari berbagai jenis, dan 2 kapal selam (sisanya misterius) tapi ane percaya jumlah KS ada 6 hanya AL indonesia yang gak mau terang2an mengakui nya. dari kapal Induk indonesia belum mempunyai satu unit pun sementara negara terdekat Asean yaitu thailand punya Kapal Induk Thailand HTMS Chakri Naruebet dan masuk top daftar 10 kapal induk terbesar dunia http://www.artileri.org/2013/10/10-kapal-induk-terbesar-di-dunia.html.


      Angkatan darat dari jumlah tank di ASEAN saja vietnam berada di posisi puncak dengan 2.050 unit dari berbagai jenis, kemudian thailand 200 unit, disusul singapura 150 unit, tapi yah di tahun 2013 Menhan udah beli 164 tank bekas (Upgrade) dari Jerman, dan alhamdulillah PT Pindad dan FNSS Turki udah produksi Tank medium bersama di tahun 2014 ini.

      dari Angkatan Udara kita gak boleh bergantung dengan Su-27 dan S-30 satu skuadron itu serta F16 amerika, benar kata panjaitan daerah kita luas maka di butuhkan jumlah dan pangkalan yang cukup untuk mengamankan teritorial Indonesia. Pesawat baling-baling Tucano buatan brasil yang sekarang di operasikan di Papua dan F-33 K/IF-X dalam tahap pembuatan dan rencana menhan membeli Su-35 generasi 4++ yahh ane pikir dari segi Teknologi indonesia udah berhasil dalam memordenisasi alusista nya, tapi dari segi kuota yang dibutuhkan masih sangat sangat minim untuk mengamankan 5.193.250 km².

      Dan yang terakhir, mengenai Sumber daya Minyak bayangkan setiap harinya indonesia hanya mampu memproduksi 798.000 barel perharinya sementara kebutuhan BBM nasional perharinya 1,5 juta barel, nah dari sisanya itu indonesia harus mengimpor BBM dari negara tetangga terdekat dengan kilang minyak yang canggih serta kebutuhan yang sedikit yaitu singapura, dan sebagian lainnya di impor dari Malaysia. bayangkan jika kedua negara tersebut menghentikan produksi ekspor minyak ke indonesia untuk kebutuhan perang. gimana Militer kita mau geraknya. memang kita mempunyai sumur minyak yang banyak dan SDM mentah yang terhampar luas, namun dari segi produksinya indonesia harus menjual dan membeli kembali minyak dari singapura, hal itu dikarenakan kilang minyak indonesia yang jumlahnya sangat sedikit dan tiap tahunnya berkurang dari segi produksi karena faktor usia.

      Ane pikir kita gak usah dlu berpikir untuk berperang, yang perlu di harapkan saat ini adalah bagaimana mengamankan Teritorial kita dari ancaman negara lain. tohh negeri seluas ini gak mudah menjaga kedaulatan nya. maka dari itu yah sebaiknya Menhan lebih mengutamakan Armada Laut ketimbang yang lain dulu mengingat indonesia mempunyai 2/3 wilayah nya adalah lautan.

      Dari uraian diatas, ane hanya menilai dari fakta yang telah ane temui. dan gak berpihak pada negara manapun karena ane CINTA INDONESIA. ane punya mimpi kapan indonesia bisa seperti Republik Islam Iran yang bisa Mandiri dari segi Militer, Ekonomi dll tanpa bergantung pada suatu negara.

      #Salam_Indonesia

      Hapus
    6. Mas Bro sekalian yang saya hormati, janganlah kita mencari sipa yang benar dan siapa yang keliru mengenai fakta kekuatan militer yang negara tercinta kita miliki. Sekuat apapun dan selemah apapun militer kita, saya yakin para personel TNI kita akan berani mati untuk membela sejengkal tanah dan air yang kita miliki, meskipun banyak sekali keterbatasan kesejahteraan yang mungkin para Mas Bro sekalian belum tentu bisa rasakan dan bayangkan. Dan saya juga sangat yakin Mas Bro sekalian juga akan ikut angkat senjata dalam usaha membela negara kita (?). Mas Bro sekalian jangan melihat hanya dari sisi kekuatan Militer saja, mungkin salah satu sisi yang juga sangat berpengaruh adalah faktor politik luar negeri dan diplomasi kita.

      Para Mas Bro sekalian, memang benar yang disampaikan Bro Dedy mengenai SDA kita yg melimpah, namun masih tergantung pada negara lain (minyak-ex). Namun perlu juga didalami dan ditelusuri mengapa bisa demikian. cobalah membaca sejarah bagaimana Freeport bisa masuk dan berdiri di Indonesia, bagaimana CIA bisa turut campur tangan dalam penggulingan era Presiden tercinta Bapak Soekarno. Namun jangan sampai kita menyalahkan para pendahulu kita. justru pengalaman yang mereka miliki bisa kita jadikan pelajran yang berharga untuk kedepannya.

      Untuk itu Mas Bro sekalian yang saya hormati, kita semua sebagai pemuda Indonesia, mari membangun bangsa dengan kemampuan yang kita miliki masing-masing. Tidak ada usaha yang kecil dan tidak ada usaha yang besar untuk membangun negara. sekecil apapun usaha kita, namun bila kita lakukan dengan sungguh-sungguh akan sangat berarti bagi pembagunan Bangsa kita. Sumbang saran dan pemikiran kita walau sekecil apapun, sudah dapat mendukung usaha dalam memperkuat dan membangun bangsa dan Negara Indonesia.

      Setujukah Mas Bro sekalian?

      Hapus
    7. Tapi ada yang bikin saya bingung, tuh ada yang sok tahu..masa rudal Brahmos(india)/yakhont(Rusia) dipasang dipesawat tempur? Setahuku itu rudal jelajah diluncurkan dari kapal perang, karena ukurannya jg besar, dan malaysia tdk memilikinya, indonesia justru yang sukses menembakan Rudal tersebut saat Latgab TNI beberapa tahun lalu, di ASEAN hanya indonesia yang memiliki Rudal Yakhont jd bener2 aneh jika ada yg bilang pesawat tempur malaysia dilengkapi rudal yakhont???

      Hapus
    8. to panjaitan >>> sepertinya anda bukan org indonesia,atau jangan-jangan anda malaysia..?
      oy soal benchmark alutsista indonesia malaysia,ini saya kasih link nya : www.globalfirepower.com/countries-comparison-detail.asp?form=form&country1=Indonesia&country2=Malaysia&Submit=Compare+Countries
      kwalitas mungkin malaysia lebh baik,kwantitas indonesia lebih bagus,ranking nya juga indonesia lebih baik dari malaysia,satu hal lagi,indonesia merdeka dgn tumpahan darah dari rakyat indonesia dari seluruh pelosok nusantara,nah kalau malaysia....?,saya rasa anda lebih tau itu :)
      karena itulah rakyat indonesia itu patriotisme & nasionalisme-nya sangat tinggi,saya sendiri sebagai rakyat indonesia siap untuk menumpahkan darah saya demi keutuhan NKRI,& sepertinya seluruh rakyat indonesia siap untuk itu kalau keutuhan wilayah negara kami di usik negara lain.
      patriotisme itu bukan matematika bro,& mengesampingkan logika,karna itu adalah pilihan terakhir n bercerita tentang hati,
      "salam cinta indonesia"

      Hapus
  4. nah ini baru rencana pembentukan armada tempur laut yang sangat strategis dan bagus,semoga setiap pangkalan akan dilengkapi dgn kapal perang dari berbagai jenis yg dilengkapi dgn persenjataan yg canggih dan pangkalannya dilengkapi dgn peralatan pendukung yang lengkap dan canggih..JAYALAH INDONESIAKU!!!

    BalasHapus
  5. Bukan saja peralatan canggah dan modern tetapi manusia yg peralatan itu juga pemerintah harus memperhatikan kesejahteraannya, baik karir, keluarganya maupun tehnisnya

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. ea n'pingin indonesia kita ini punya kapal induk

      Hapus
  7. percuma indonesia mempunyai peralatan canggih...yang terpenting adalah
    indonesia harus memiliki satelit militer yang canggih...kerna peran satelit dalam militeritu sangat penting sekali...contoh : perang amerika dan irak..bukan saya mau membanggakan amerika
    amerika tidak tau medan perang di irak tapi amerika dengan mudah membombandir irak..itu dikarenakan amerika mempunyai satelit yang canggih untuk m,endeteksi medan perang bahkan Cina pun terkejut mengapa amerika dengan mudah memborbandir irak....
    nah saya sarankan indonesia negara yang luas..indonesia harus mempunyai satelit militer tersendiri yang sangat canggih...tapi untuk sekarang indonesi masih numpang sama telkomsel untuk masalah satelit....Saya dukung indonesia mempunyai alutsista canggih..tapi indonesia juga harus mempunyai satelit militer yang sangant canggih...itu sangat penting
    majulah trus TNI Jaya lah Indonesia ku

    BalasHapus
  8. pokok tak dukung......
    JAYALAH INDONESIA ku
    NKRI,........
    HARGA MATI,
    SIAPA YG MENCOBA MENGUSIK,....
    HARUS DI HANCURKAN.
    MERDEKAAAA.....................

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ea n'siapa yang melecehkan indonesiakuu Ribak tusiiiiiiiiiiii Siapapun dia

      Hapus
  9. tuntaskan terus korupsi di pertambangan migas dan logam, akuisisi dan nasionalisaikan freefort, busang dan pertambangan lain yang tidak bayar pajak, dari hasilnya beli senjata sebanyak-banyaknya untuk mengusir mereka yang menguasai mineral indonesia

    BalasHapus
  10. broo...ada benarnya juga kalimat diatas broo..pertahanan udara dan laut sangat lemah dan ini tidak dapat kita pungkiri..kekuatan indonesia yg selalu di gembar gemborkan hampir omong kosong belaka,dan kebanyakan kalimat AKAN,ANDAIKAN PERNAH,dan yg paling gak pantes adalah kalaimat macan asianya broo...cobalah fikir baik-baik..ada berapa jet tempur indonesia sekarang ini,atau lebih jauhnya 5 tahun kedepan.dan juga negara lain di asia tenggara khususnya,mereka tentunya akan membeli persenjataan untuk pertahanan negara mereka.dan kalau di sebut lebih besar macan asia,bolehkah pesawat tempur dan kapal perang indonesia menandingi dari segi jumlah ,qualitas danpersenjataan mereka..?dia antaranya japan dan singapore,vietnam dan malasyia.taiwan dan kedua korea...sementara dari segi peralatan tempur indonesia masih ada di bawah beberapa negara yg saya sebut tadi,masih pantaskah indonesia di bilang macan asia,,dan kedepannya indonesia paling mampu membeli pesawat tempur su 34bm,atau sejenisnya bukan fak-fa.broo itupun mungkin kalau mampu di beli cuma 1 skuardon...maaf bukan soal membaca ataupun melihat..uangan terlalu banyak teori broo...dan bagi saya pribadi keberadaan ranking militer indonesia di tangga15 adalah omong kosong..!!!!!..broo jangan sebut china broo yaa.....dialah yg pantes di bilang macannya asia..dan asian macannya adalah singapore...biarpun negaranya kecil,namun kemampuannya dalam membeli peralatan perang yg cangih dan jauh lebih moden dari indonsia ,reality brooo.....ingat broo f-35 akan segera jadi milik australia,dan bukan 16 jumlahnya broo melainkan kalau taksalah.100 unit broo ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro asal jeplak ya??
      broooo kalo asal jeplak jangan beragument....
      salam

      Hapus
    2. Ha....ha....ha...ha.......!!!!!!

      Hapus
    3. Sotoy bro....semua negara yg kau sebutkan dan kau anggap hebat itu, selalu ketakutan terhadap NKRI, ingat bagaimana menhan malaysia dan Australia yg panik ketika indonesia akan dilengkapi kapal selam killo Class buatan Rusia, atau bagaimana tdk berkutiknya F18 Hornet Australia dikunci SU-30 milik TNI AU saat latihan bersama, secanggih apapun alutsistanya..kalo tdk didukung kemampuan, skill personil tdk ada apa-apanya, dan TNI kita sudah diakui kemampuan tempurnya! Oleh negara lain. Apalagi sudah dilengkapi Alutsista yg modern dan canggih dan anda sepertinya tdk tahu Alutsista yg sudah berdatangan selama 3thn terakhir ini, untuk memenuhi target MEF tahap I, jd baiknya seperti kata sahabat kita Dewa "jangan asal jeplak!" Sekiranya cuma modal sotoy! Catat baik" di Asean hanya TNI yg memiliki Rudal Yakhont !

      Hapus
  11. kok bisa anda ngomong peringkat Indonesia bukan 15 ? sekedar membantah atau ada fakta ?

    BalasHapus
  12. Singapore kok di banggain, itu cm negara boneka nya barat untuk menekan asean. Pantas klo armada nya besar, soalnya mereka butuh pengaruh besar di asean. Lg pula klo niat perang org2 indonesia yg di pikir cm menang, mati itu nmr blkang, asal ada alasan mereka buat perang. Klo ga prcaya suruh aja negara lain serang NKRI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Singapoer itu Israelnya Asia bisa di bilang gitu gak ya

      Hapus
  13. Melihat watak dasar Bangsa Indonesia yang berjiwa Patriotok, saya yakin sehebat apapun militer negara tetangga dapat dikalahkan jika mereka main main mau menguasai wilayah RI.... asal posisi kita adalah benar pasti TNI tidak akan tinggal diam melihat ulah negara lain main caplok..... Perlu diperhatikan oleh Pemda setempat agar ikut menghidupkan daerah perbatasan, sehingga kejadian atas Simpadan dan Ligitan tak akan terulang... Kejadian Simpadan dan Ligitan terjadi akibat Pemda Kaltim tidak menghidupkan pulau ini sampai pihak malaysia masuk juga tidak tau apa-apa...Yang penting sekarang Perkuat Militer dan Perkuat Patriotisme dan tak kalah penting adalah Pendidikan untuk Rakyat Indonesia agar tidak dibodohi bangsa lain dan pemimpin yang membodohi rakyatnya.

    BalasHapus
  14. TNI AD sebagai matra yg tertua hrs menyadari akan kekuatan NKRI, hrs segera dibenahi khususnya roket2 kita yg berjarak jauh hrs segera dimiliki dan kalau bisa sdh uji coba jangkauan yg diatas 500KM/lebih etah bagaimana TNI utk menguasai peroketan nasional serta kami hanya mendoakan agar cepat terselesaikan utk roket nasional. Salam......

    BalasHapus
  15. Indonesia peringkat 15 dunia bkan karna peralatan canggih bro,,,sumua itu di lihat dari tirotrial kawasan bentuk negara yg kepulauan, dan jumlah penduduk, dan rsa nasionalis bangsa indonesia sangat tinggi bro,,walau berbeda suku, itu yg negara lain gk punya,, bicara soal macan asia,, kalau dilihat yg paling tangguh msh rusia bro...bukan china,,karna rusia jg msh kwsan asia,,,nah kalau indonesia yg di maksud macan asia tu asia tenggara bro,,yaitu kalangan asean...sebelum comen pinter dulu knpa bro???

    BalasHapus
  16. untuk Negara ini....
    Jayalah terus Indonesiaku...!!!!!
    selama ada kami...negeri ini tak akan mati....

    BalasHapus
  17. Saya salut dng bang Panjaitan dan yg mendukungnya maupun yg tdk sependapat. Menurut saya dijaman teknologi yg canggih, informasi dan teknologi yg selalu berkembang juga strategi politik dan militer sekarang smakin berkembang,menurut saya semua matra itu penting mengingat indonesia adlh negara kepulauan, dng belasan ribu pulau dan berjuta kilometer luas wilayah laut, diperlukan kerjasama yg terkoordinasi dng baik dr ketiga matra, utk alutsista yg seharusnya dijadikan indikator terkini dlm mengukur alutsista TNI adl yg alutsista dng kemampuan terkini, dng jumlah yg memadai pd stiap pulau2 besar dan pulau2 terluar, dng memperhitungkan ada tdknya cadangan n stok BBM nasional utk waktu plng tdk 5 - 8 th kedepan mngingat R.I adl negara non blok yg tdk dimungkinkan utk memihak suatu blok apalagi jika R.I. Dikeroyok ramai2, diperhitungkan ada tdk n jumlah cadangan n stok sembako nasional, kmdn ditiap pulau2 besar,kecil dan pulau2 terluar hrs diperhitungkan ttg ada tdknya dan jika ada jumlah alutsista utk 3 matra yg ada pd msg2 pulau besar, kecil dan pulau2 terluar tentunya utk tiap pulau besar hrs jumlahnya lebih besar dr pd tiap pulau kecil, sdgkan pulau2 terluar dan daerah yg berbatas darat maupun sungai serta daerah yg berada pd pulau teluar, plng tdk ditmptkan minimal 1 brigade, sdgkan pd pulau2 besar ditmpatkan 3 divisi msg2 dr 3 matra. Menunggu tahapan utk sampai prototype KFX/IFX selsai pd th 2020 blm lg kalau ada kekurangan shg hrs ada perbaikan dan sampai tahap produksi yg diperkirakan trjadi antara 2025 atau 2030, sdgkan PAK 50 FA msh lama waktu produksinya, dan krn negara2 tetangga spt singapura dan australia msg2 mrncanakan akn membeli 100 unit F35, shg bgaimanapun pemerintah hrs berani cari cara utk anggarkan pngadaan SU 35 paling tdk belasan skuadron,jng hanya 1 skuadron, krn kalau 1 skuadron atau beberapa unit, dikhawatirkan tdk sampai 1 jam atau dlm hitungan jam, langit indonesia brhasil dikuasai oleh negara tetangga, slain itu SU 35 diperlukan dlm rangka air superioritas, nah slain pngadaan belasan skuadron SU 35, tdk ada salahnya indonesia jg memiliki 7 skuadron SU 30 MKI yg tlah dimodifikasi n yg dpt dipersenjatai rudal brahmos, 8 skuadron SU 34 atau SU 47, tdk ada salahnya jg indonesia mengadakan 6 skuadron Rafale yg telah teruji kemampuannya apalagi perancis teruji tdk ikut campur urusan internal negara lain, dan jg perancis pernah memberikan ToT kpd PT. Pindad ttg membuat panser, yg kmdn telah dikmbngkan oleh PT. Pindad menjadi Panser Anoa, dan yg telah diproduksi hingga ratusan unit, kmdn indonesia jg perlu utk mengadakan paket rudal pertahanan udara, krn jumlah alat, baterai n rudal terbatas, dan yg selama ini diadakan adlh paket rudal pertahanan rudal jarak dekat, sudah saatnya bg indonesia utk mengadakan paket rudal pertahanan udara jarak menengah dan jauh milik Rusia, Cina, Iran dan India. Tdk ada salahnya mengadakan dr berbagai negara asal mengadakan kerjasama utk perawatan dan pemeliharaan yg dilakukan di indonesia, yg terpenting adl cari alutsista yg terbaik dr baik dlm menjaga,mengamankan dan mempertahankan kedaulatan negara.

    BalasHapus
  18. kita patut bangga dg renstra pertahanan kita, dan orang kita pandai merawat barang, paling gampang diinget saat kejadian F16 kita berhadapan dg F18 AS pendukung kapal induknya, mereka pikir dg diembargo F16 kita ngandang, nggak taunya nongol, jadi kita yakin bisa atasi tetangga yang kurang ajar, Jayalah Indonsiaku, klo di dalam bolehlah ribut dikit tapi klo ada yang nyerang Indonesia, sy yakin semua warga Indonesia siap bela negara.

    BalasHapus
  19. Masalahnya indonesia sudah 15 tahun puasa alutista, dan gk ada dukungan anggaran negara untuk memajukan TNI. bandingkan sob, anggaran alutista kita aja cuma tiga perempatnya Australia, dan separuhnya dari anggara alutista singapur,, sementara singapur yg kecil bisa memiliki anggaran besar, knpa INDONESIA YG LUAS anggaranya kecil,,padahal kalau dipikir ekonomi indunesia setiap thunya trus meningkat,,terbukti fengan msknya indonedia diG20..jauh dari Australia dan singapura,,,yg gk msk G20. Tp negara mereka benar2 mempersiapkan kedamaian saat ini menuju perang esok hari,,satu lagi sob..... jangan terlalu bangga bila TNI lagi panen alustista,,karna negara lai juga melakukan hal yg sama dengan anggaran yg jauh lbh besar, sebagai rakyat indonesia cm turut berdo,a semoga peimpin di kemudian hari lbh mengutaman kemajuan indonesia dan sengat selalu buat para TNI, rakyat selalu mendukungmu,,

    BalasHapus
  20. gimana kalo anggaran subsidi bbm di cabut,trus dialihkan buat beli alutsista mantap mgkin gan perthnnya aja 300 T. hmmm bisa di bayangin separuhnya aja perthun buat alutsista

    BalasHapus
  21. KPK hrs mengawasi kegiatan SKK Migas, apa sdh benar dlm melaksanakan tugasnya dan rakyat mengawal Blok Mahakam hrs dikelola pertamina soalnya tahun 2017 sudah habis masa kontraknya Prancis tdk boleh memperpanjang masa kontraknya kembali dg alasan apapun. Pertamina hrs segera mengambil alih, selanjutnya mengadakan konsolidasi perusahaan PT Pertamina utk mengembangkan ekplorasi di wilayah Indonesia dan dg kekuatan bahan bakar ada ditangan NKRI masalah kesejahteraan rakyat akan terpenuhi serta kekuatan militer kita tdk bisa tertandingi di asia (mau beli PAK FA 50, mau beli F-35, mau beli Mig akan dg mudah). Salam...........

    BalasHapus
  22. Soal perang dan kemampuan militer ane yakin yg terkuat itu yg pernah belajar dari pengalaman langsung. Malah ane lebih serem sama vietnam sih yg buat AS terpukul saat perang vietnam,dan jgn lupa indonesia udah berapa kali punya pengalaman pemberontakan besar2an seperti operasi seroja,permesta,dsb. Indonesia juga kaya akan sdm,tinggal tunggu aja bangsa kita maju dgn sdm dan sda nya yg melimpah,karena dgn sdm bangsa kita bakal punya tekhnologi yg memadai

    BalasHapus
  23. Tni harus maju.dan menjadi kebanggan seluruh rakyat indonesia.NkRI harga mati.jangan sampai negara kita di injak2 oleh negara lain atau di lecehkan.bravo tni

    BalasHapus
  24. ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

    -SMU:4.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: 085736927001.ku@gmail.com
    BERMINAT?

    HUB: +6285736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.


    www.pembuatanijazah.blogspot.com



    www.jasapembuatanijazahpalsu.blogspot.com

    BalasHapus