HEBATNYA LATGAB TNI TAHUN 2013



Ada pertanyaan, mengapa harus tahun 2013, jawabnya karena itu berarti 5 tahun dari tahun 2008 saat diadakan Latgab TNI skala besar.  Ini sebagaimana yang diinstruksikan Panglima Tertinggi TNI yang juga Presiden RI agar 5 tahun sekali TNI melakukan Latgab skala besar.  Namun yang lebih membanggakan tentu karena pada tahun 2013 Latgab TNI dilakukan bersamaan dengan musim panen raya alutsista berbagai jenis yang sudah berdatangan sejak pertengahan 2012 ini.
Skenarionya tentu tidak jauh dari suasana adrenalin militer kita yang selalu ingin mempertahankan teritorinya secara jelas dan jantan. Oleh karena itu boleh jadi prediksi hotspot area latihan tempur gabungan itu akan berpusat di selat Malaka (pertempuran laut dan pendaratan amfibi), Kalimantan (pertempuran darat dan udara) dan Ambalat (perang laut dan pendaratan amfibi).  Tiga titik panas ini sangat dinantikan dalam latihan perang TNI untuk menguji kualitas alutsista yang dimiliki, integrasi sistem komunikasi, spirit tempur prajurit TNI di tiga wilayah tempur sekaligus.
Sekedar catatan di Riau Kepulauan saat ini sedang dibangun kekuatan baru satuan tempur Marinir TNI AL, sementara Marinir telah menempatkan satuan tempurnya di Pangkalan Brandan, Lhok Seumawe dan Piyabung Lampung.  Ini diluar dari kekuatan Pasmar I dan II Marinir yang berbasis di Jawa dan 1 brigade Marinir yang disiapkan di Papua.  Sementara di Kalimantan juga sedang dibangun satuan-satuan tempur TNI AD yaitu batalyon infantri, batalyon artileri, batalyon kavaleri untuk menambah kekuatan eksisting yang sudah ada.
Tank amfibi TNI AL dalam serial latihan 
Yang menarik tentu saja kekuatan alutsista TNI pada saat digelarnya latgab 2013 itu akan banyak diisi dengan alutsista baru.  Paling tidak sudah tersedia puluhan MBT anyar Leopard.  Dengan begitu sudah bisa dilakukan kombinasi pertempuran tank dengan payung heli serang, UAV, batalyon roket, batalyon artileri, satuan rudal anti tank yang sudah tersedia di Kalimantan.  Demikian juga dengan sebaran rudal darat ke darat.  Oleh sebab itu skenario perang darat di kalimantan diharapkan tidak lagi menguji lagu lama yang sudah usang yaitu biarkan musuh masuk lebih dulu baru digebuk. 
Lagu itu harus diganti dengan lagu baru berirama rock berjudul pre emptive strike dengan menembakkan rudal darat ke darat ke sasaran yang disimulasikan sebagai instalasi militer dan komunikasi pihak lawan. Ruang udara di Kalimantan juga dihirukpikukkan dengan pertempuran udara antara Sukhoi TNI AU dengan jet tempur pihak lawan.  Dengan dukungan jet tempur Sukhoi, Hawk, Heli serang, dan UAV pola latihan perang darat dan udara di Kalimantan akan menjadi ukuran kemenangan kampanye militer RI atau puncak dari Latgab tersebut.
Di Selat Malaka disimulasikan terjadi pertempuran laut karena pihak lawan melanggar teritori RI. Tahap awal satuan kapal cepat RI yang memang sudah terbentuk di kawasan itu melakukan pengejaran dan menembakkan rudal C705 ke arah beberapa kapal perang lawan.  Satuan Marinir dari Sumut dan Lampung disiagakan dan dikirim untuk lakukan pendaratan amfibi di salah satu pulau yang disimulasikan sebagai basis pertahanan pihak lawan.  Skuadron F16 yang bermarkas di Pekan baru bersama skuadron Hawk200 melakukan kawal udara dan serangan udara langsung ke beberapa kapal perang lawan yang mencoba melakukan serangan balik.   Lalu konvoy kapal perang armada barat berkekuatan 30 KRI berbagai jenis muncul dari balik pulau Bintan dan menuju Karimun tempat terjadinya hotspot.
KRI Nanggala  diuji kemampuan tempurnya di Latgab 2013
Di kawasan Ambalat, pasukan Marinir berkekuatan 1 brigade melakukan pendaratan pasukan di Nunukan dan Sebatik.  Dipilihmya 2 pulau terdepan ini agar gaung kampanye militer RI terdengar keras di telinga tetangga sebelah. Namun sebelumnya telah terjadi pertempuran laut yang melibatkan 25 KRI dan 10 kapal lawan. TNI AL melakukan penembakan rudal yakhont oleh KRI berkualifikasi Fregat dan langsung menenggelamkan 2 kapal musuh.  Payung untuk pertempuran laut dikawal oleh 8 Sukhoi dari Makasar, 2 UAV dan 4 heli anti kapal selam.
Skenario latgab khususnya perang darat di Kalimantan tidak lagi mengandalkan kekuatan pasukan dari pulau Jawa.  Cukup hanya bantuan 1 brigade Kostrad dari Sulawesi yang secara geografi lebih dekat dengan Kalimantan.  Dua Kodam di Kalimantan sudah tersedia berbagai arsenal mulai dari MBT, MLRS, Artileri, Rudal Anti Tank, Rudal Darat ke Darat, Roket, UAV, Heli Serang.  Jadi pola latihannya tidak lagi menunggu diserang tapi langsung melakukan serangan ofensif berskala besar sehingga pihak lawan tak mampu kumpulkan kekuatan.  Pangkalan udara pihak lawan diserang oleh satuan rudal darat ke darat, demikian juga dengan satuan radar dan pusat komunikasi harus segera dilumpuhkan pada hari pertama Latgab. 
Pada hari kedua pihak lawan mencoba melakukan konsolidasi termasuk melakukan serangan udara.  Namun serangan udara itu dapat dipatahkan Sukhoi TNI AU yang bersiaga di Balikpapan.  Karena hampir semua pangkalan udara pihak lawan sudah dilumpuhkan maka bantuan Sukhoi pihak lawan dari seberang laut yang jauh menjadi tidak efisien karena Sukhoi TNI AU lebih tahan beradu karena masih punya stok BBM.  Setelah gangguan Sukhoi lawan berhasil dipatahkan, Sukhoi TNI AU melakukan serangan udara udara langsung dan memastikan 2/3 pangkalan militer lawan sudah hancur. 
Pasukan TNI AL bersiap menuju medan operasi
Pada hari ketiga satuan MBT, satuan roket dan satuan rudal anti tank dengan dukungan Heli serang dan Super Tucano melakukan perang tank dengan pihak lawan.  Dengan dukungan UAV yang mensuplai informasi keberadaan MBT lawan, Heli serang melakukan penembakan terhadap MBT lawan yang bersembunyi di perkebunan kelapa sawit.  Satuan roket dan artileri menghujani kota-kota sepanjang perbatasan dan satuan MBT bergerak masuk sejauh 30 mil dari perbasan.  Namun penjelajahan satuan MBT ini hanya 1 hari saja karena RI memang tidak punya ambisi teritori, sekedar menghajar lawan agar tahu diri.
Serangan serentak di tiga titik panas ini dimaksudkan agar pihak lawan terpecah konsentrasinya sehingga distribusi kekuatan militernya harus dibagi di tiga front itu.  Skenario dadakan dan serang lebih dulu dalam Latgab TNI 2013 merupakan episode baru yang sangat mungkin ditampilkan dalam Latgab itu karena kemampuan alutsista kita sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Latgab TNI tahun 2013 diprediksi diikuti 35.000 pasukan TNI, 80 KRI berbagai kelas, 40 jet tempur berbagai jenis, 50 heli tempur dan angkut,  40 MBT, 30 BMP3F, 50 Scorpion, 40 BTR-50, 10 BTR80, 10 RM Grad, 5 MLRS, 2 kapal selam dan berbagai alutsista baru lainnya.

41 komentar:

  1. Majulah Indonesia ku,
    aku percaya atas kepemimpinan SBY Indonesia bisa bangkit.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat setuju, meskipun banyak yang selalu menjelek-jelekkan kualitas kepemimpinan beliau.. yang lain NATO (no action talk only)..

      Hapus
    2. yeah .. setujhu bgt.....gan..nothing impossible

      Hapus
    3. Media memang tidak adil, mereka hanya memberitakan sisi buruknya saja demi mendapat keuntungan kelompok mereka, bahkan perlawanan politik begitu nyata dan memanfaatkan kebodohan masyarakat utk misi mereka....
      Bangkit SBY!!!!!
      Majulah Indonesia

      Hapus
    4. aku percaya pada negaraku.............

      Hapus
    5. percaya diri sama dengan percaya pada negara sendiri...

      Hapus
  2. kemajuan yg baik. kecilkan nyali malaysia yg sll klaim pulau dan budaya kita.. malaysia macam2 kita kobarkan dwikora jilid dua. hidup dan majulah tni

    BalasHapus
  3. kami anak bangsa sangat bangga atas kemajuan alutsista skrang ini!.. tunjukkan pada dunia kalau indonesia bisa!.. lanjutkan..

    BalasHapus
  4. MAJU TERUS BANGSA KU KIBARKAN SEMANGAT MERAH PUTIH DI HATI ANAK NEGERI SERIBU PULAU INI,KAWAL RAGA PERTIWI DENGAN GAGAH BERANI,DENGAN HARGA MAHAL JAMINAN KEDAULATAN DARI RONGRONG MUSUH BUSUK BERTAMENG SAUDARA,BERBALUT BACOT BUSUK LSM MENYERET RAKYAT UNTUK DI JUAL,DEMI MELEMAHKAN TNI PENGAWAL BANGSA

    BalasHapus
  5. BANGGA BANGGA DAN BANGGA....
    SALUT GAN..

    BalasHapus
  6. Dg kemajuan Alutsista yg ada, infanteri hrs berani memberikan sentuhan thd sat UAV digunakan sbg otok gerakan serangan pasukan infanteri dan didukung sat tem sniper, sat rudal dan pesawat tempur. Bisa dikatakan merubah pakem TNI(infanteri) yg era baru. Demikian juga marinir hrs ada sat UAV sbg otak pembimbing gerakan pasukan marinir, dg disertai sat sniper/rudal dan pesawat sehinggga gerakan pasukan cepat serta memberikan hasil yg maksimal dlm misi serangan. Bravo...Anak2 Bangsa...Jayalah NKRI RAYA

    BalasHapus
  7. fungsi intilejen adalah utama dlam suatu perperangan atau gesekan mengawali tugas operasi, informasi, propoganda dan mngubah persepsi dan haluan dlam arti bberapa rekayasa untk mmbuat pola yg trsusun, rapi dan terintregasi....ini adalah poin pnyerangan dri dalam dan penyususnan strategi perang alutista brikutnya....
    selain alutista yg mndukung dan prajurit(pemukul"trutama) yg handal di perlukan dan di pentingkan fungsi central intilejen untk indonesia tnpa sdikitpun campur tangan asing....
    INDONESIAKU...DI SEGANI DAN DI HORMATI...MAJULAH BANGSAKU..
    TUHAN ALLAH SEMESTA ALAM BERKATI INDONESI

    BalasHapus
  8. maju terus alusista TNI ku, kami siap mendukung sepenuhnya keinginan mu. Jangan gentar menghadapi musuhmu, Malaysia, Papua Nugini dan Australia harus kita hadapi bersama.

    BalasHapus
  9. UPDATE >>Kekuatan Militer Indonesia Peringkat 13 Dunia Tahun 2013
    >> http://munsypedia.blogspot.com/2013/01/kekuatan-militer-indonesia-peringkat-13-dunia-tahun-2013.html

    BalasHapus
  10. Ayo tni...............................................................................

    BalasHapus
  11. Sudah selayaknya RI punya kekuatan militer yg superior untuk kawasan regional, tp akan sangat bagus klo bs mengikuti kemandirian India untuk memperkuat militer RI dan menjadi salah satu yg di segani di Asia.

    BalasHapus
  12. Jangan lupa Gan....artis KARTIKA PUTRI di ikutsertakan dalam latgab itu biar TNI tambah semangat.........hehe

    BalasHapus
  13. JAYALAH KEDAULATAN HARGA DIRI INDONESIA, DAN BERNYALI PEMERINTAH MENEGGAKKAN KEDAULATAN IBU PERTIWI, JANGAN SAMPAI RAKYAT YANG MENGAMBIL ALIH HAK DAN TUGAS PEMERINTAH UNTUK MENEGGAKKAN IBU PERTIWI TERHADAP PELECEHAN NEGERI KECIL MALAYSIA, SAYA SIAP MEMIMPIN DI GARIS DEPAN DEMI HARGA DIRI BANGSA INDONESIA ....

    BalasHapus
  14. maju terus TNI,,,,,,,majulah bangsaku,,,kami selalu mendukungmu,.kedaulatan dan kehormatan bangsa INDONESIA biar tidak di remehkan dan di lecehkan bangsa lain.kita sudah cukup di remehkan bangsa lain.angkat harkat dan harga diri bangsa.BIAR,,,,,ANAK NEGERI INI,selau berbangga,, aku adalah orang INDONESIA,walaupuin di negeri orang.bravo...!

    BalasHapus
  15. Ayooo indonesia majuuu,,,, Indonesia yang terkuat di asia bahkan di dunia

    BalasHapus
  16. bangga menjadi warga neegara indonesia, bangga memiliki bangsa yang besar, bangga dengan pemimpin kita, bangga dengan TNI.
    maju teruss Indonesia ku!! maju terus TNI untuk mengawal indonesia dan menjaga keutuhan NKRI sampai titik darah penghabisan..

    BalasHapus
  17. Maju terus TNI KU tunjukan pada dunia bahwa NKRI siap perang dan siap damai, musnah kan dan hancurkan siapa saja yg ingin memecah belah NKRI

    BalasHapus
  18. meski kondisi alutsista minim akibat embargo amrik tdk menyurutkan profesionalisme prajurit tni..dengan minimnya alutsista tni masih bersemangat apalagi saat panen raya alutsista tni saat latgab tni 2013. terbanglah garudaku melintas cakrawala mengawasi harimau melayu bak elang menerkam mangsa dari angkasa. jaya selalu tni...

    BalasHapus
  19. NKRI MAJU TERUS,
    KEMBALI JADI MACAN ASIA

    BalasHapus
  20. hapus malaysia dari peta dunia.. :P

    BalasHapus
  21. mudah2an pemimpin baru 2014 tetap melanjutkan sistem pemerintahan pak SBY, terutama modernisasi alutsista untuk pertahanan NKRI

    BalasHapus
  22. Tunjukkan pda dunia... terutama tetangga sebelah...sekali lagi mengusik...hantam saja TNIku...tunjukkan taringmu....INDONESIAku...TNIku.......

    BalasHapus
  23. Bang 16.40 intelejen NKRI sdh disusupi oleh intelejen malaysia dg, kata2 "kedua negara serumpun" shg apa yg dilakukan oleh malaysia ke NKRI sampai ke masyarakat pelosok aplg dg pencurian batas wilayah/kebudayaan dan para TKI spt tersetrum mau apa aja yg dilakukan malaysia. Hal ini hrs dirobah pandangan masyarakat dg kata2 "kedua negara serumpun" malaysia ya negara asing hrs mendpt perlakuan spt negara2 asing lainnya dan kalau bisa diawasi orang2 malaysia di Indonesia. Orang2 Indonesia yg menjadi kaki tangan malaysia sdh berjubel, jadi utk merubah hrs ada pemimpin yg berpengaruh dan dpt menghipnotis orang2 tsb. Miris......apa masih ada anak2 bangsa yg nasionalis dan patriotik.....

    BalasHapus
  24. Bagaimana kalo Latihan Gabungannya juga berada di wilayah Papua, supaya para OPM tahu kekuatan TNI kita..

    BalasHapus
  25. benarkah gossip bahwa 2024 RI sdh kembali seperti sediakala th 60-an saat ada pak Karno..menjadi negara dgn AD paling superior di asteng..AL paling 'ngeri' di asteng (demikian kata prajurit aussie kala itu kalo ketemu prajurit ALRI..cerita tetangga sy mantan KKO)..dan AU paling ditakuti di asteng..dan tidak ada lg WNI yg pergi cari kerja ke luar negri cuma mau jadi BABU ato jongos....mudah2an..sy doakan gan..

    BalasHapus
  26. negara bs dianggap maju jk ditunjang 3 syarat : 1. kemajuan Ekonomi, 2. Kemajuan penegakan hukum, 3. kemajuan pertahanan negara. Saatnya Indonesia mengembangkan perekonomian negara melalui perdagangan alutsista baik penjualan dlm negeri maupun mancanegara, sprti yg dilakukan AS. anak bangsa punya skill utk menciptakan alutsista kita, tinggal daya dukung dr pemerintah dgn meningkatkan anggaran pertahanan. kt jgn lg terjebak dgn berpikir bhw negara tdk dlm keadaan bahaya, mk itu tdk perlu peningkatan anggaran pertahanan. inilah kekeliruan di zaman orba sehingga skrg bangsa kita tertinggal dlm hal kelengkapan alutsista dipentas dunia, walaupun scr personil kt masih diperhitungkan. ingat kt bukan berada dizaman batu yg hanya butuh bambu runcing. kt harus membaca perkembangan zaman yg sgt modern, jd sgt perlu didukung peralatan senjata yg canggih

    BalasHapus
  27. itu baru tentara&alutsita.
    Blm lg rakyatnya yg ga pernah habis2 semangat juangnya..
    Hati2. tetangga..

    BalasHapus
  28. sipp makin maju indonesia

    BalasHapus
  29. Sukses.... Ingat pesan Bung Karno dengan "Jas merah"nya. Dalam sejarah Majapahit besar dan kuat karena memberdayakan potensi maritimnya. Potensi maritim kita dapat lebih maju jika Navy kita kuat! Mengapa hal ini belum terpikirkan?

    BalasHapus
  30. ...jgn ada lagi pulau lepas karena mereka meremehkan kekuatan negeri ini dn mencoba coba negeri yg merdeka dg darah bkan negeri pemberian negara lain mau menggertak dg kekonyolan dn kebodohan dari negara lain..jayalah INDONESIA QU

    BalasHapus
  31. Belum Lagi Dg Bantuan Rakyat Indonesia bila dipersenjatai dan siap perang untuk menghalau Musuh..Siap! Laksanakan!

    BalasHapus
  32. Juga harus siap miskin pejabatnya tapi kaya negaranya......apapun musuhnya akan segan.....ingat waktu bergerilya dulu....lihat juga perlawanan viet kong....jangan jadi....prajurit salon saja....bravo TNI ku pegang teguh....janjimu...

    BalasHapus
  33. ingat pesan pak Dirman TNI anak kandung rakyat mari kita dukung dn bela TNI

    BalasHapus