Hilang Fregat Sigma, Datang La Fayette


sigma class frigate indonesian navy damen Hilang Fregat Sigma, Datang La Fayette
Light Fregat Sigma 10514

Berurusan dengan Negara Belanda sangatlah susah. Padahal Indonesia telah mereka jajah selama 350 Tahun. Harta benda Nusantara habis mereka kuras. Meski demikian Belanda tidak merasa bersalah dan tidak berupaya menolong negara yang pernah mereka jajah.
Hingga kini nasib pembuatan light fregat Sigma 10514 di PT PAL Surabaya, tidak jelas. Padahal pada bulan April 2010, pemerintah RI dan Belanda telah sepakat menandatangani pembuatan light fregat atau kapal perusak kawalrudal (PKR) Sigma 10514 yang ditargetkan selesai tahun 2014.
Untuk mendapatkan tanda tangan kerjasama dari Belanda itu, pemerintah Indonesia harus melakukan upaya yang alot dan berliku. Pada tahun 2004, Indonesia memesan 4 korvet sigma ke Belanda dengan imbalan dua korvet dibangun di Belanda dan dua lagi di Indonesia, untuk alih teknologi. Namun keinginan pemerintah Indonesiaditolak Belanda.
Indonesia terus mendesak. Perjanjian pun diubah. Keempat korvet dibangun di Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) Belanda dengan imbalan, Indonesia akan dibantu membangun Sigma 10514 atau Light Fregat.
Pemerintah Indonesia sepakat dan mengucurkan Rp 8 Triliun untuk 4 korvet Sigma.
Setelah selesai, Pemerintah menagih janji Belanda untuk pembuatan light fregat Sigma 10514 di Indonesia. Penandatanganan kerjasama dilakukan April 2010.
SIGMA FMM 10514 Morocco Hilang Fregat Sigma, Datang La Fayette
Sigma 10514 Maroko

Spesikasi Light Fregat
Light fregat yang akan dibangun memiliki kemampuan: peperangan elektronika, peperangan anti udara, peperangan anti kapal selam, peperangan anti kapal permukaan dan bantuan tembakan kapal. Kapal itu dilengkapi Rudal SAM, SSM dan Rudal anti kapal selam.
Sesuai dengan namanya Sigma 10514, kapal ini memiliki panjang 105 dan lebar 14 meter. Dengan kedalaman kapal 8,8 meter dan didorong 4 mesin x 9.240 hp, kapal ini berkecepatan maksimal 30 knot dan kecepatan jelajah 18 knot. Kementerian Pertahanan mentargetkan pembuatan 10 unit kapal.
Namun setelah ditunggu tunggu, hingga tahun 2012 ini, light fregat Sigma yang dijanjikan, tidak juga dibangun di PT PAL Surabaya.
Ingkar Janji ?
Belanda seakan mengulur ngulur waktu dan berharap Sigma 10514 tetap dibangun di Belanda.
Direktur PT PAL Soewoko Kartanegara, menyatakan sampai saat ini prosesnya masih negoisasi. Rencananya blok utama kapal akan dibuat di Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) Belanda, sedangkan blok lainnya dibuat di Indonesia.
Jumlah personil yang akan dikirim ke Belanda juga menjadi persoalan.
PT PAL ingin mengirim 200 tenaga ahli ke Belanda, tapi belum mendapatkan restu.
Geram dengan tingkah pemerintah Belanda, Kementerian Pertahanan dan Mabes TNI menemui duta besar Belanda di Indonesia Tjeerd F. De Zwaan.
“Ya, kami meminta dukungan Belanda untuk lebih konsisten dalam supervisi pembangunan kapal tersebut, karena ada beberapa hal yang tidak bisa dikerjakan PT PAL,” ujar juru bicara TNI Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul di Jakarta.
Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono melakukan pertemuan tertutup dengan Duta Besar Belanda untuk Indonesia Tjeerd F. De Zwaan. Hasilnya, sikap Belanda tidak jelas.
sigma maroko 2 Hilang Fregat Sigma, Datang La Fayette
Pemerintah terus menuntut niat baik Belanda, karena light fregat ini telah masuk dalam buku biru Dephan dan TNI yang harus direalisasikan.
Dalam rapat dengan Komisi 1 DPRtanggal 24 Januari 2012, Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro dan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, menegaskan, fisik light fregat seharusnya mulai dibangun tahun 2012.
15,8% dari akuisisi Alat Utama Sistem Senjata TNI Tahun Anggaran 2012, telah dialokasikan untuk pengembangan kapal Perusak Kawal Rudal (PKR), teknologi pesawat tempur KFX/ IFX, serta Canon.
Fregat La Fayette
Merasa capek berurusan dengan Belanda, PT PAL mulai mengembangkan Fregat Stealth kelas La Fayette, bekerjasama dengan Perancis dan Singapura.
La fayette france Hilang Fregat Sigma, Datang La Fayette
Fregat La Fayette

”Sekarang Indonesia sudah membangun kapal perang modern sejenis fregat kelas La Fayette seperti yang dimiliki Singapura dan akan selesai dalam waktu empat tahun oleh PT PAL”, ujar Menteri Pertahanan 03/2012.
Lights Fregat La Fayette digunakan oleh Perancis, Singapura, Arab Saudi dan Taiwan. Kapal ini lebih panjang dari Sigma 10514 Belanda. Panjang La Fayette 125 meter, lebar 15,4, didorong 4 mesin diesel 21.000 tenaga kuda. La Fayette memiliki kecepatan maksimal 25 knots atau 46 km/ jam.
La Fayette 300x220 Hilang Fregat Sigma, Datang La Fayette

La Fayette bisa diinstal rudal canggih pertahanan udara Aster 15 serta Crotale CN2 CIWS. Kapal ini juga mampu mengangkut helikopter hingga 10 ton seperti Panther, NH 90 atau S-70B Seahawk yang membawa peluru anti kapal selam carry AM39 or AS15.
Fregat ini dibuat Perancis tahun 1998 dan mulai beroperasi tahun 2002. Ia dapat mengarungi laut non stop selama 50 hari.
Selain dari Perancis, baru baru ini Duta Besar Brasil dan Belarus menawarkan kerjasama pembuatan kapal perang ke Indonesia. Bagaimana dengan Belanda ?. Bagaimana menir…

42 komentar:

  1. Ga ada yg bisa di harapkan dari Negara Kolonialis ini, msh byk alternative lain yg bisa di lakukan, misalnya dari Jerman atw Russia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belanda tetaplah Belanda...licik, rakus dan kere

      Hapus
    2. itu guru kuruptor voc- uang udah abis mungkin di belanda di bagi2

      Hapus
  2. buang buang duit bung urusan ma menir sialan, mending kerjasama sama negara yang bener bener berpengalaman bung...
    bravo komando!

    BalasHapus
  3. DASAR PENJAJAH !! SUDAH SANGAT KENTARA NIATNYA JELEKNYA, PERLU DI INGAT BELANDA ADALAH BANGSA"T" JUGA YANG DULU MENJAJAH TANAH PAPUA YANG HARUS MENGAKUI KEKUATAN INDONESIA YANG MENGUSIR MEREKA. SEKARANG DENGAN POLITIK KOTORNYA DENGAN DALIH "HAM" MEMBELA ORANG PAPUA DAN BERUSAHA MEMBISIKAN RASA PERMUSUHAN ORANG PAPUA PADA INDONESIA (MENUNTUT UNTUK MERDEKA) Nb:liat saja banyak orang papua teriak-teriak di belanda. NAH LIAT SAJA HANYA BELANDA YANG BANYAK OMONG TENTANG HAM PADA SAAT INDONESIA BERUSAHA MEMBANGUN KEMBALI KEKUATAN ANGKATAN BERSENJATANYA. IAKAN KLO INDONESIA LEMAH YAH PASTILAH PELUANG BELANDA UNTUK KEMBALI MENANCAPKAN KUKUNYA MINIMAL DITANAH PAPUA ADA.
    OLEH KARENA ITU SAYA BERDOA MUNDAH-MUDAH CITA-CITA TNI UNTUK MENCAPAI MEF TERLAKSANA JIKA PERLU LEBIH DARI ITU.. SEKARANG PERTIMBANGAN PENGUATAN TNI DIPAPUA ITU HARUS DAN BERUSAHA MEMBERSIHKAN SEPARATIS DAN MENGAMBIL HATI ORANG PAPUA DENGAN PERCEPATAN PEMBANGUNAN DISEGALA BIDANG. NB :SARAN SAYA UNTUK MIGRASI DAN APARAT POLRI/TNI PERLUNYA WASPADA TERHADAP WISATAWAN ASING TERUTAMA DARI BALANDA, AUSTRALIA DIBUTUHKAN PENGAWASAN YANG KETAT

    BalasHapus
  4. Makanya ati-ati gunakan fulus, belande banyak akal bulus, kite-kite jangan ikut jadi tikus, sifat rakus bikin kite angus, nanti menangis idung keluar ingus, mudah-mudahan kedepan TNI makin bagus......... Hidup TNI banggggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. hajar Son...! eee maksud na San...

      Hapus
  5. batalkan aja perjanjian dengan belanda...dunia tdk selebar daun kelor

    BalasHapus
  6. SUDAH GA USAH BERHUBUNGAN DENGAN BELANDA SELAMANYA ....
    KALAU PERLU JUGA BOIKOT PRODUK BELANDA DAN JANGAN KIRIM REMPAH2 ATAU HASIL INDONESIA LAINNYA KE BELANDA ....

    GEN / DNA ORANG2 BELANDA MEMANG SUDAH RUSAK SEMUA !!!

    BalasHapus
  7. sebaiknya kita nggak usah berurusan sama penjajah itu, dan semua kerjasama dgn belanda di putus saja, masak 3.5 abad dijajah kita nggak tahu wataknya menir yg jelas penipu, perampok, pemeras, pelangar HAM, jangan lagi kita bangsa Indonesia mau dibohongin dong

    BalasHapus
  8. Dari dulu sampe sekarang belom berubah juga sifatnya, selalu ingkar janji.

    BalasHapus
  9. londo ,,,,,,bajingan meniirr

    BalasHapus
  10. meeneer londo hhasuu kabbbeeeh ! tak kemplang koe !

    BalasHapus
  11. Belanda itu negara barat yang miskin tapi banyak tingkah..! Jadi jangan biarkan orang2 belanda masuk indonesia. Usir diplomat dari indonesia. Bilang sama belanda yang kerjaanya usil soal ham dan tetek mbengeknya" maaf kami tidak bisa menerima penjajah datang kenegeri kami" terimaksih.

    BalasHapus
  12. Rusia.. itu jawabannya.. gak ada kata Rusia menolak permintaan Indonesia. Bagi mereka Indonesia selalu menjadi sahabat dekat. Datang ke Rusia dan mereka pasti beri extra buat kita. Apa gak cukup Rusia menunjukkan itikad baik mereka. Rusia butuh Indonesia dan Indonesia butuh barang dari Rusia..
    Keputusan tetap di POLITIKUS...

    Sample aja :
    T-90 MBT,
    Su-30 MK ( kayaknya SU-37 juga mereka kasih kalo ke Indonesia),
    Borei Class Submarine,
    Destroyer Rusia yang gak terlalu rumit buat TNI-AL,



    BalasHapus
  13. perang saja lah, gantian kita jajah mereka. kalah menang urusan belakang. bambu runcing siap!!

    BalasHapus
  14. jangan berharap sama londo bung karno aja muak dengan sikap belanda makanya bung karno itu nggak disuka sama politisi belanda. kita yang sudah banyak belajar dengan orang luar harus segera di hidupkan teknology dari orang-2 trehnis kita sendiri dan harus banyak berinovasi dan analysis. jangan jadi politik gurami.

    BalasHapus
  15. kenapa indonesia mmalah beralih ke belanda..???

    Coba di lihat fregatnya rusia,, italia,, nd prancis lebih bagus,,
    bahkan kalao mengadopsi freegatnya rusia pasti sudah ada pantsyr / s 300 nya sbgai pertahanan udara...yakhont sbagai anti kapal.. ... Trus di tmbah ciws nya dr barat atu oerlikon pasti tmmbh smmangat.. Kalau di gado"..

    Perlu di ajukan sbgai keanangan... Fregat sigma lari..nd leopard lari..
    Knp indonesia sll cr yg KW2...
    Pasti masalah dana nd anggaran...hanya itu jawabanya..

    BalasHapus
  16. Gampang aja kalau mau mematikan Belanda, swiping aja perusahaan2 yg ada di Indonesia utk dihentikan dan Meneer walondo akan menggliat2 spt cacing kepanasan. Baru mati sandang pangane, kekuatan semua negara ada pada usahanya perdagangan dan kalau sdh dikerjain oleh pemimpin yg tahu akan strategi kekuatan walondo pasti ampunnn............ampunnnnnnnnnnn

    BalasHapus
  17. Kalau Belanda rumit dan pelit itu artinya teknologi yg dia punya hanya tinggal sedikit diatas kita....ngapain kita masih ngotot mau ke Belanda? Lebih baik kerja sama dengan yg lain...kalau ekonomi Indonesia terus maju...ibarat gula...maka banyak semut pasti datang...Jadi tugas seluruh komponen bangsa untuk memajukan ekonomi Indonesia. Terutama pejabat negara dan anggota dewan jangan nilep uang aja.

    BalasHapus
  18. sing goblok wong indonesia dewe, wes ngerti diapusi terus sek ngeyel kerjasama karo londo

    BalasHapus
  19. kerjasama itu jangan sama penjajah, mending sama temennya Ir Soekarno kaya Russia aja, mereka ga pelit kaya si menir ini.

    BalasHapus

  20. ne
    gar itu negara brengsekkk
























































































































    negara belanda itu negar brengsek,, coba di tidak satu daratan dengan eropa,, negara kecil tapi resek,,,

    BalasHapus
  21. berdirilah di kaki sendiri
    cintailah produksi sendiri mulai dari barang kebutuhan sehari hari
    kerja sama alih teknologi dibidang produk militer, sebaiknya memang lebih tepat pada rusia
    perusahaan2 rusia tak banyak menguras SDA di indonesia
    indonesia -rusia, mempunyai sejarah yang panjang telah terjadi sejak zaman kekaisaran dan kerajaan di indonesia

    BalasHapus
  22. Tinggalkan belanda. Cari yang mau kerjasama.

    BalasHapus
  23. holanda nederland adalah orang eropa termiskin, kalo mereka BAB keluar kacang maka kacang itu akan dimakan kembali itu saking miskin nya , kita bisa lihat bangsa belanda ini adalah yang tak berbudaya dan tak memiliki etika mereka sudah kuras kekayaan kita selama 350th mereka merasa masih kurang, mereka pikir mereka akan jajahkita untuk 1000th begitu bukan meniir? ( kasus RMS, Papua, Aceh ada jejak2 kalian disana sampai saat ini ), jika ada manusia terburuk dan kemaruk serta terkikir didunia adalah bangsa belanda nederlande negeri yang kecil, hanya sebesar pulau Batam itupun karena mereka membendung laut agar dapat tinggal di tepian laut eropa dengan dana dari kekayaaan indonesia yang dikuras dari bangsa ini selama 350th, jika dibandingkan penjajah lain, jauh lebih terhormat negeri inggris yang mau membangun negara bekas jajahan nya karena mereka masih memiliki human right merasa menjadi manusia terhormat, tidak seperti kalian yang tetap menjadi bajingan dan takan pernah berubah menjadi orang yang baik.sebagai pemeras dan tengkulak dan pembohong serta pengingkar janji dan penghianat tak punya integritas ingat westerling sebagai monter berbentuk manusia, sebagai manusia kalian berada pada kasta terbawah, ingat kalian pernah bohongi pangeran diponegoro, imam Bonjol dan banyak lagi pahlawan2 dan patriot kami yang gugur sebagai orang terhormat dalam membela tanah tumpah darah nya. jejak 2 buruk kalian masih banyak lagi seperti di afrika selatan disana kalian berhadapan dengan Nelson Mandela dan Sheik Yusuf. jangan lupakan sejarah Bangsa indonesia tidak akan pernah lupa itu.

    BalasHapus
  24. holanda nederland adalah orang eropa termiskin, kalo mereka BAB keluar kacang maka kacang itu akan dimakan kembali itu saking miskin nya , kita bisa lihat bangsa belanda ini adalah yang tak berbudaya dan tak memiliki etika mereka sudah kuras kekayaan kita selama 350th mereka merasa masih kurang, mereka pikir mereka akan jajahkita untuk 1000th begitu bukan meniir? ( kasus RMS, Papua, Aceh ada jejak2 kalian disana sampai saat ini ), jika ada manusia terburuk dan kemaruk serta terkikir didunia adalah bangsa belanda nederlande negeri yang kecil, hanya sebesar pulau Batam itupun karena mereka membendung laut agar dapat tinggal di tepian laut eropa dengan dana dari kekayaaan indonesia yang dikuras dari bangsa ini selama 350th, jika dibandingkan penjajah lain, jauh lebih terhormat negeri inggris yang mau membangun negara bekas jajahan nya karena mereka masih memiliki human right merasa menjadi manusia terhormat, tidak seperti kalian yang tetap menjadi bajingan dan takan pernah berubah menjadi orang yang baik.sebagai pemeras dan tengkulak dan pembohong serta pengingkar janji dan penghianat tak punya integritas ingat westerling sebagai monter berbentuk manusia, sebagai manusia kalian berada pada kasta terbawah, ingat kalian pernah bohongi pangeran diponegoro, imam Bonjol dan banyak lagi pahlawan2 dan patriot kami yang gugur sebagai orang terhormat dalam membela tanah tumpah darah nya. jejak 2 buruk kalian masih banyak lagi seperti di afrika selatan disana kalian berhadapan dengan Nelson Mandela dan Sheik Yusuf. jangan lupakan sejarah Bangsa indonesia tidak akan pernah lupa itu.

    BalasHapus
  25. menurut saya indonesia harus lebih banyak berkerjasama dengan blok timur seperti rusia dkk karena lebih dapat menjamin kerahasiaanya dan juga loyalitasnya dimana kerahasiaan adlah penting dalam militer terlepas dari politik dalam penyelengaraan kedaulatan dari pada amerika australia dan kawan2 yang jelas2 mengancam kedaulatan dengan aksi 2 penyadapannya(banyangin mereka udah tahu sistem pertahan + komunikasi presiden = sasaran empuk!!!!)

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  27. Kapal perang Indonesia perlu diperbanyak

    BalasHapus
  28. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG GAIB
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus
  29. Loh kok Indon masih dibawah ketiaknya Belanda masih mau ke Balanda bilang bangsa Indon hebat kok ...kapal ingris nakhoda ragam indon beli ...sama inggeris pun indon minta susu dn sama belanda masih sayang ya Indon

    BalasHapus
  30. Loh kok Indon masih dibawah ketiaknya Belanda masih mau ke Balanda bilang bangsa Indon hebat kok ...kapal ingris nakhoda ragam indon beli ...sama inggeris pun indon minta susu dn sama belanda masih sayang ya Indon

    BalasHapus
  31. belanda itu memang negara serakah,negara penghasil homosexual,jangan mau kerjasama dengan belanda lg...nt teknologi yg dikembangkan buat indonesia..jangan2 teknologi kw2

    BalasHapus
  32. dah berita ini hanya alibi alias bohong. buktinya sudah jadi kok kapal sigma tni dari belanda namun dibuat dipt pal dengan nama KRI Martadinata 9 kapal lagi menyusul

    BalasHapus
  33. dah berita ini hanya alibi alias bohong. buktinya sudah jadi kok kapal sigma tni dari belanda namun dibuat dipt pal dengan nama KRI Martadinata 9 kapal lagi menyusul

    BalasHapus
  34. dah berita ini hanya alibi alias bohong. buktinya sudah jadi kok kapal sigma tni dari belanda namun dibuat dipt pal dengan nama KRI Martadinata 9 kapal lagi menyusul

    BalasHapus
  35. buktinya kapal frigat yang lo permasalahkan sudah jadi xixixixi

    BalasHapus