Rabu, 30 April 2014

TNI AL Laksanakan Latihan Kerjasama Kapal Perang dan Pesawat Udara




Surabaya (MI) : Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksma TNI Siwi Sukma Adji membuka secara resmi Latihan Kerja Sama Taktis (Lat. Kersamtis) Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dengan Pesawat Udara (Pesud) di Base off Lanudal Juanda, Selasa, (30/04).


Asisten Operasi Kasal (Asops Kasal) Laksda TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. dalam amanat tertulis yang dibacakan Kasarmatim menegaskan bahwa mencermati perkembangan lingkungan strategis saat ini, dan dihadapkan pada permasalahan terkait dengan upaya menjaga kedaulatan negara, maka kerja sama antar KRI dengan pesawat udara harus selalu terjalin secara optimal guna pencapaian tugas pokok TNI AL selaku komponen utama pertahanan negara di laut.



“Pesawat udara sebagai perpanjangan indera KRI, dituntut memiliki pengawak yang berkualitas dan profesional serta siap melaksanakan tugas operasi laut di manapun dan kapanpun, baik dalam kondisi damai maupun perang,” tegasnya.


Oleh sebab itu, lanjut Asops Kasal bashwa dalam upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia sangat perlu dilaksanakan berbagai macam bentuk latihan, baik dalam skala nasional maupun internasional yang pastinya akan berdampak pada penilaian strategis terhadap kekuatan dan kemampuan TNI AL baik di kawasan regional maupun internasional.

 


Latihan yang berlangsung hingga tanggal 5 Mei 2014 mendatang ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel  awak pesawat udara serta terintegrasinya kerja sama taktis antara pesawat udara dan KRI dalam mendukung pelaksanaan tugas TNI Angkatan Laut.

Unsur latihan meliputi satu KRI Sigma Class yaitu KRI Sultan Iskandar Muda-367, satu kapal selam KRI Nanggala-402 serta 8 pesawat udara yang terdiri dari 2 Pesud CN-235-220 Patroli Maritim, 1 Pesdu NC-212 Casa Basic, 1 Pesud Bell-412 dan 2 Pesud BO-105 Bolkow.





Sumber : Koarmatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar