Senin, 28 April 2014

Kasal Kunjungi Kontingen Garuda UNIFIL di Lebanon

Kasal Kunjungi Kontingen Garuda UNIFIL di Lebanon

Lebanon (MI) : Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr Marsetio, M.M, melaksanakan kunjungan kerja ke Kontingen Garuda UNIFIL yang sedang bertugas sebagai peacekeepers di Lebanon. Kunjungan tersebut berlangsung sekitar 2 jam, dengan agenda menerima paparan dari komandan kontingen Kolonel Inf Adipati Karna, Deputy Maritime Task Force Commander (DMTFC)  Kolonel Laut (P) Retiono Kunto dan terakhir mengunjungi Force Commander (FC) Major General Paolo Serra (Italy), Sabtu (26/04).

Sekitar pukul 14.00 Waktu Lebanon, Kasal yang didampingi oleh Aspam Kasal Laksamana Muda TNI Ir. I Putu Adnyana, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum PTRI (Perwakilan Tetap Republik Indonesia) PBB di  New York Brigjen TNI Yos Toto dan Kol Mar Ipung beserta Atase Pertahanan (Athan) Timur Tengah tiba di Naqoura Lebanon Selatan dengan menggunakan Helly. Komandan Kontingen UNIFIL Kolonel Inf Adipati Karna menyambut langsung kedatangan rombongan di Soedirman Camp berserta Deputy Maritime Task Force Commander (DMTFC) Kolonel Laut (P) Retiono Kunto, Danyon Indobatt, Komandan MP, para Dansatgas, Staf Officer dan para perwira yang sedang bertugas di Lebanon.

Agenda pertama Kasal yaitu menerima paparan dari Komandan Kontingen Garuda UNIFIL tentang tugas pokok beserta satgas apa saja yang tergabung dalam Kontingen Garuda. Disamping itu juga komandan kontingen menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi serta situasi keamanan terkini di area operasi khususnya di Green Hill yang menjadi tangungjawab Force Protection Company (Indo FPC).Dalam kesempatan tersebut Kasal menyampaikan rasa bangga terhadap keberhasilan yang telah di capai oleh kontingen garuda dari awal penugasan sampai sekarang serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh prajurit yang berada di Lebanon. Salah satu wujud apresiasi Kasal kepada kontingen garuda yaitu dengan memberikan perlengkapan olahraga, antara lain 6 (enam) buah meja tenis, perlengkapan bola volly dll. Sebelum meninggalkan Soedirman Camp, Kasal menyempatkan diri untuk foto bersama beserta pejabat teras Kontingen Garuda di Lapangan Hitam Soedirman Camp.

Setelah dari Soedirman Camp, Kasal beserta rombongan kemudian melanjutkan kunjungan kerjanya ke Head Quarter (HQ) MTF di Camp Martin, Deputy Maritime Task Force Commander (DMTFC) sekaligus sebagai  Chief of Staff (CoS) MTF Kolonel Laut (P) Retiono Kunto memaparkan perkembangan situasi keamanan di perairan Lebanon sesuai dengan tugas pokok MTF. Unsur-unsur kapal perang apa saja yang beroperasi di perairan Lebanon dalam rangka implementasi Resolution Council UNSCR 1701. 

Diakhir kunjungannya Kasal beserta rombongan mengadakan courtesy call dengan Force Commander (FC) UNIFIL Major General Paolo Serra (Italy) di ruangkerja FC. Pada kesempatan tersebut dilakukan pengisian buku kehormatan dan pemberian cenderamata. Disamping itu juga Kasal menyampaikan beberapa talking point (pokok pembicaraan) kepada FC yang terkait dengan keberadaan Kontingen Garuda di UNIFIL, permasalahan-permasalahan yang dihadapi Kontingen Garuda saat ini serta beberapa hal yang dapat dikembangkan untuk dikemudian hari seperti posisi jabatan Chief Branch yang seharusnya dapat diisi oleh personil dari Indonesia.





Sumber : TNI 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar