Saturday, March 1, 2014

Pesawat Tempur T 50i Golden Eagle Tinggalkan Lanud Halim

http://www.tni.mil.id/mod/news/images/normal/7321061f84ab331eee41ad57b73569a3.jpg

Jakarta (MI) : Sebanyak 16 pesawat tempur T 50i Golden Eagle Produksi Korea Selatan yang diserahterimakan dari Kementerian Pertahanan kepada TNI Angkatan Udara 13 Februari 2014 lalu di Lanud Halim Perdanakusuma mulai kembali ke home base-nya di Lanud Iswahyudi, Madiun. Pada hari ini, Jumat (28/2), empat pesawat terbang ferry dengan formasi dipimpin Komandan Skadron Udara 15 Letkol Pnb Wastum meninggalkan Lanud Halim Perdanakusuma setelah Rabu (26/2), Landasan Lanud Iswahyudi dinyatakan clear dari debu dan pasir akibat letusan Gunung Kelud.
 
Menurut Komandan Skadron Udara 15 Letkol Pnb Wastum sebelum meninggalkan Lanud Halim Perdanakusuma 4 pesawat sisa akan menyusul  untuk ke home base pada esok Sabtu (1/3). Perjalanan dari Jakarta menuju Madiun akan ditempuh selama 45 menit.  Ditambahkannya aktivitas latihan penerbangan bagi pesawat tempur merupakan kegiatan pokok bagi Pilot untuk memelihara kemampuannya.

Pesawat tempur ringan T-50i ini diharapkan akan meningkatkan peran TNI AU dalam mengemban tugas yang lebih besar dalam menghadapi tantangan yang lebih kompleks di masa mendatang. Pesawat T-50i adalah pesawat latih supersonik buatan Amerika-Korea dan dikembangkan Pabrik Korean Aerospace Industry dengan bantuan Lockheed Martin, Amerika.

Pesawat T-50i mampu ditempatkan digaris depan sebagai Light Fighter yang dilengkapi dengan peralatan tempur (Missile Guided/Unguided, Rocket, Bomb, Canon 20 Mm serta Radar). Pesawat ini juga bisa dipergunakan untuk keperluan latih lanjut (Advance Training) bagi Penerbang Tempur.





Sumber : TNI

No comments:

Post a Comment