Friday, February 28, 2014

Kasal Belanda Awali Kunjungannya di Kota Pahlawan



Surabaya (MI) : Ereveld atau Makam Kehormatan Belanda Kembang Kuning menjadi tempat jujugan pertama yang dikunjungi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal ) Belanda Vice Admiral Matthieu J.M. Borsboom di Kota Pahlawan. Didampingi oleh Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio, Kasal Belanda beserta rombongan melakukan ziarah ke makam yang sarat akan sejarah tersebut pada hari Kamis, (27/2).

Sebelum memulai ziarah, Vice Admiral Matthieu J.M. Borsboom bersama Laksamana TNI Dr. Marsetio meletakkan karangan bunga di Monumen Karel Doorman  dilanjutkan dengan mengheningkan cipta selama satu menit yang ditandai oleh bunyi terompet. Selanjutnya acara tabur bunga di sekitar monumen dimulai, Kasal Belanda mendapat kehormatan mengawalinya yang diikuti peserta upacara lainnya. Dalam upacara ziarah tersebut hadir hampir seluruh pimpinan Kotama TNI AL di wilayah Surabaya. Antara lain Pangarmatim Laksda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum, Komandan Kobangdikal Laksda TNI Widodo, Gubernur AAL Laksda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, Danlantamal V Laksma TNI Sumadi, S.Sos, Danpuspenerbal Laksma TNI I Nyoman Nesa, beserta para istri, juga para Athan negara sahabat, Direktur Damen Schelde Naval Shipbuilding, serta Direktur Netherlands War Graves Organisation (OGS).

Makam Kehormatan Belanda yang juga disebut sebagai Makam Kehormatan Angkatan Laut ini terletak bersebelahan dengan pemakaman umum Kembang Kuning. Dan di area pemakaman ini terdapat sebuah monumen Karel Doorman, yang diperuntukkan bagi personel Angkatan Laut yang gugur di laut pada saat terjadinya bencana besar di Laut Jawa atau “ Slag in de Javazee “ pada tanggal 27 Februari 1942. Bencana tersebut menenggelamkan opsir Angkatan Laut Karel Doorman beserta armada aliansinya.  Selain itu di Ereveld Kembang Kuning ini juga dimakamkan para korban sipil dari beberapa tempat penahanan di Jawa Timur, para tentara dari Angkatan Darat Kerajaan Belanda, para KNIL, para Marinir dan juga anggota dari Angkatan Laut Kerajaan Belanda.

Sesuai rencana kegiatan selama kunjungannya di Surabaya, usai ziarah Vice Admiral Matthieu J.M.Brosboom segera meluncur menuju Akademi Angkatan Laut (AAL), kemudian ke Koarmatim dan PT. PAL. Tidak ketinggalan jenderal bintang tiga tersebut bersama rombongan juga akan menikmati suasana Surabaya dengan mengunjungi Museum House of Sampoerna, Balai Pemuda, Balai Kota, dan tempat-tempat bernilai sejarah lainnya.




Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment