Friday, February 28, 2014

China Akui AL Mereka Pernah Lewati Selat Sunda


JAKARTA (MI) : Perwakilan Kedutaan Besar China untuk Indonesia akhirnya angkat bicara mengenai latihan perang yang dilakukan oleh Angkatan Laut China di dekat perairan Indonesia, awal Februari 2014.

"Benar, Angkatan Laut China telah melewati selat (Sunda)," ujar Deputy Chief of Mission China untuk Indonesia Liu Hongyang, saat ditemui awak media di Jakarta, (28/2/2014).

Namun, Liu sama sekali tidak menyinggung apakah angkatan laut tersebut sudah mendapat izin atau belum. Sebelumnya memang ada dugaan bahwa lewat kapal perang China ke Selat Sunda itu dilakukan secara ilegal.

Liu pun mengenai masalah ini hanya mengatakan, setiap negara memiliki hak yang sama untuk melewati perairan internasional.

Berita mengenai latihan perang AL China pertama kali diungkap oleh media Australia. Dalam laporan tersebut terungkap latihan perang China berlangsung di wilayah perairan internasional yang dekat dengan Pulau Christmas dan melintasi Selat Sunda.

Militer China juga membela diri terkait latihan perang di perairan internasional dekat Australia dan Indonesia. Menurut China, latihan perang itu tidak ditujukan kepada negara mana pun.




Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment