Thursday, February 27, 2014

Pakar Australia: RI bakal jadi kekuatan besar

Pakar Australia: RI bakal jadi kekuatan besar

Darwin (MI) Sebuah laporan penelitian dari Lowy Institute, menunjukkan bahwa Indonesia akan menjadi kekuatan besar di wilayah regional. Riset itu juga menyebut, Indonesia berambisi tampil di panggung dunia, meski tidak dalam waktu dekat.

Penulis laporan itu, Dave McRae, dosen tamu di Universitas Nasional Australia mengatakan, meski pertumbuhan ekonomi Indonesia telah mengesankan, namun masih kekurangan sumber daya manusia.

“Sebagai aktor kebijakan luar negeri, Indonesia tidak cukup besar,” tulis dia, dalam laporan bertajuk “More Talk Than Walk” yang akan dirilis Kamis (27/2/2014). ”Ini akan memproyeksikan citra kekuatan besar (Indonesia) meskipun kemampuan (masih) menengah,” lanjut dia, seperti dilansir media Australia, news.com.au.

Laporan itu juga mengungkap pengeluaran militer Indonesia, yang diklaim hanya sepertiga dari anggaran tahunan Australia dan lebih kecil dari Singapura. Dengan data itu, lanjut McRave, Indonesia belum bisa mendikte agenda untuk forum regional seperti ASEAN, meski Indonesia adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang terbesar dalam hal wilayah dan populasi yang masuk dalam kelompok G20.

Menteri Keuangan Indonesia, Muhammad Chatib Basri, dalam sebuah forum di Canberra baru-baru ini, yakin, ekonomi Indonesia akan tumbuh cepat.

Pakar Australia itu, juga mengulas masalah konflik diplomatik antara Indonesia dan Australia. ”Di luar dari pertengkaran bilateral secara periodik , Australia dapat muncul dalam diskusi tentang kebijakan luar negeri Indonesia,” katanya.




Sumber :  Sindonews

No comments:

Post a Comment