Thursday, February 27, 2014

DIROG OPERASI BENTENG PAUS KRI TELUK BANTEN-516



Surabaya (MI) : Untuk mengecek kesiapan KRI Teluk Banten-516 dalam rencana pelayaran Operasi Benteng Paus tahun 2014, Komandan Satuan Kapal Amfibi (Dansatfib) Koarmatim Kolonel Laut (P) Rahmat Eko Raharjo, Rabu (26/2/2014) menggelar kegiatan Dinamika Role Game (Dirog).

Kegiatan ini diisi oleh paparan rencana dan pernyataan pelayaran (RPP) dari Komandan KRI Teluk Banten-516 dihadapan Dansatfib dan para Komandan KRI jajaran Satfib Koarmatim yang sedang berada di pangkalan, perwira staf Satfib, perwira Staf Operasi, Staf Intelijen, Staf Logistik, Disharkap dan Dismatbek Koarmatim di lounge room kapal.


Kegiatan role game ini selalu dilaksanakan oleh setiap unsur-unsur jajaran Koarmatim yang akan melaksanakan pelayaran operasi maupun latihan. Dalam paparannya, Komandan KRI Teluk Banten-516 Letkol Laut (P) Dados Raino menyampaikan tentang tugas pokok dalam operasi ini adalah melaksanakan operasi pengamanan perbatasan yang meliputi pencegahan dan penangkalan serta penindakan terhadap pelanggaran wilayah yang dilaksanakan KRI Teluk Banten-516 mulai tanggal 1 Maret 2014 disekitar perbatasan Indonesia-Australia-Timur Leste dalam rangka mendukung tugas pokok TNI. “Dalam kegiatan patroli selama Linla akan dilaksanakan penindakan terhadap setiap bentuk ancaman sesuai dengan prosedur yang berlaku”, jelas Komandan.

Dalam kesempatan tersebut Komandan kapal juga mengatakan kesiapan KRI Teluk Banten-516 yang diawaki 115 prajurit tersebut dalam segi kesiapan personel, material, logistik maupun data dan software yang meliputi kelengkapan buku-buku referensi, pembuatan RPP serta updating ramalan prakiraan cuaca terakhir.
Sementara itu Komandan Satfib dalam kesempatan itu menghimbau kepada seluruh Komandan KRI yang hadir agar memberi masukan atas pengalamannya kepada KRI Teluk Banten-516, sehingga Operasi Benteng Paus 2014 ini dapat berjalan lancar dan sukses. Komandan Satfib juga menekankan kepada Komandan KRI Teluk Banten-516 agar selalu mempelajari Rencana Operasi (RO) Benteng Paus 2014 agar tercapai tugas pokok operasi ini.


KRI Teluk Banten-516 akan melaksanakan operasi Benteng Paus tahun 2014 selama satu bulan mulai tanggal 1 Maret mendatang. Kesiapan personel dan kapal memang harus dilaksanakan sedetail mungkin. Mengingat kondisi didaerah yang akan dilalui, menurut BMKG pada bulan Maret berlaku musim barat dengan cuaca berawan cenderung hujan serta tinggi gelombang rata-rata 0,5 m hingga 1,5 


Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment