Wednesday, February 19, 2014

Siswa Pendidikan Calon Awak Kapal Selam Jalani Free Escape


Surabaya (MI) : Sebanyak 15 siswa Pendidikan Calon Awak Kapal Selam (Dikcawakkasel) angkatan ke-49 Sekolah Kapal Selam (Sekasel), Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus), Kodikopsla, Kobangdikal menjalani latihan evakuasi penyelamatan dari kapal selam (Free Escape), Jumat (14/2/2014).
Latihan yang berlangsung selama tujuh hari di Diving Tank, Dinas Penyelaman Bawah Air (Dislambair) Koarmatim, Surabaya tersebut, di buka Komandan Pusat Pendidikan Khusus (Danpusdiksus) Kolonel Laut (P) Zaenal Akbar, S.Sos.
Dari 15 prajurit calon awak kapal selam yang kini memasuki bulan ke-4 dari sembilan bulan masa pendidikannya itu terdiri dari empat Perwira  Pertama (Pama), lima  Bintara dan enam Tamtama.
 Menurut Zaenal –sapaan akrab Komandan Pusdiksus ini- bahwa materi free escape adalah latihan penyelamatan personil  bagi awak kapal selam apabila terjadi kedaruratan dan kapal tidak bisa timbul ke permukaan.
’’Free escape merupakan dasar ketrampilan yang wajib dijalani bagi setiap personil yang akan mengawaki kapal selam setelah mendapatkan teori Pendidikan Dasar Kapal Selam (PDKS),” terang pamen melati tiga di pundak tersebut
Sebelum free escape di diving tank digelar dikedalaman 15 meter lanjutnya, siswa akan menjalani beberapa tahap latihan terlebih dulu sebagai pemanasan.
Tahap pertama mereka berlatih di kedalam diving tank 5 meter berupa water trapen selama 15 menit, kemudian tahap ketahanan nafas dalam air selama satu menit, dan menyelam kedasar tangki tanpa peralatan.
Selain latihan tersebut tambahnya,  siswa juga akan mendapatkan pelajaran mengenai penggunaan atau pengoperasian peralatan selam diantaranya penggunaan aqualung, masker, moutfish, pemberat (balas), dan fin dan kelengkapan lainnya.
Selain itu para siswa Cawakasel yang memiliki semboyan “Tabah sampai akhir” ini, juga akan mendapatan teori mengenai bahaya yang bisa timbul ketika melakukan penyelaman di laut, terutama bayhaya  dari hewan laut berbisa, ganas dan tumbuhan laut lainnya.



Sumber :  TNI AL

No comments:

Post a Comment