Thursday, January 16, 2014

Kapal Perang Tercanggih Inggris Kunjungi Indonesia

Kapal Perang Inggris HMS Daring (Foto:ABC)

JAKARTA (MI) : Kapal perang tercanggih milik Inggris, HMS Daring, dijadwalkan berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Jumat 17 Januari 2014.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari program operasi global mereka ‘Wider Regional Engagement’. HMS Daring sebelum berlabuh ke Jakarta kapal ini ada di Thailand.

Fokus dari kunjungan perkenalan Kapal Penghancur Tipe 45 ini ke Indonesia, adalah untuk membangun hubungan militer dan perdagangan antara Indonesia dan Inggris.

Angkatan Laut (AL) Indonesia yang besar dan tangguh dinilai merupakan mitra yang baik bagi AL Inggris. Dimana kedua AL memiliki tujuan yang sama dalam hal melindungi rute perdagangan dan keamanan maritim.

"Kunjungan ini sangat menguntungkan bagi kedua AL," pernyataan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Inggris Laksamana Sir George Zambellas, dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Inggris yang diterima Okezone, Kamis (16/1/2014).

Upaya membangun hubungan di bidang pertahanan dan keamanan ini akan diwujudkan dalam program kunjungan HMS Daring. Dalam program ini pula akan diselenggarakan peringatan Hari Industri Pertahanan dan Keamanan.

Setelah itu akan dilangsungkan upacara penyambutan di dermaga pelabuhan Tanjung Priok. Upacara tersebut melambangkan manfaat bagi kedua negara dari program kunjungan HMS Daring.

HMS Daring adalah kapal perang yang bermarkas di Portsmouth, Inggris dan sedang berlayar selama sembilan bulan mengelilingi dunia. Kapal ini telah menempuh lebih dari 30.000 mil

Jarak tersebut ditempuh dalam rangka kunjungan regional serta latihan militer di Atlantik, daerah Pesisir Barat Amerika Serikat (AS), Pasifik, Australia, Laut Cina Selatan. Baru-baru HMS Daring ikut terlibat dalam bantuan kemanusiaan korban Topan Haiyan di Filipina.





Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment