Thursday, January 16, 2014

Pasang Surut Kerja Sama Militer Indonesia dengan Amerika, Australia, dan China


Jakarta (MI) : Sepanjang 2013, ada serangkaian kerja sama militer antara Indonesia dan negara-negara lain. Namun, tidak semuanya berjalan mulus, ada beberapa hubungan militer yang pasang surut.

Pasang surutnya hubungan itu disebabkan pergesekan hubungan antara kedua negara. Misalkan saja penyadapan yang dilakukan oleh Australia yang sempat membuat hubungan Indonesia-Australia memanas.

" Yang (kerja sama militernya) pasang surut Amerika Serikat, Australia, dan China," ujar Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (15/1).

Tetapi, tidak semua hubungan berjalan pasang surut. Ada juga yang terus meningkat, seperti dengan Malaysia dan Singapura. "Ini dalam tingkat cukup besar, mulai dari pertukaran personel hingga satuan tingkat lebih besar," ucap Budiman.

TNI juga tengah menjajaki kerja sama dengan dengan beberapa negara Eropa, seperti Jerman, Inggris, dan Prancis. "Kemudian dengan India, Korea Selatan, dan Jepang juga sudah mulai ada peningkatan," pungkasnya.





Sumber :  Metrotvnews

No comments:

Post a Comment