Wednesday, January 15, 2014

Menlu Vanuatu Boikot Kunjungan ke Indonesia

vanuatu menlu

Jakarta (MI) : Menteri Luar Negeri Vanuatu Edward Natapei memboikot kunjungan para menlu Kelompok Negara Melanesia, MSG, ke Indonesia, dengan dalih adanya perubahan agenda kunjungan.
Gerakan separatis Papua Barat telah memuji Menteri Luar Negeri Vanuatu yang memboikot kunjungan Kelompok Pelopor Melanesia ke Indonesia.

Minggu ini, para Menteri Luar Negeri Fiji, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon melakukan kunjungan singkat ke Papua.

Tapi mereka dicegah berbicara dengan wakil-wakil gerakan kemerdekaan disana.
Hari ini, para Menteri Luar Negeri Pasifik - semuanya anggota Kelompok Pelopor Melanesia - diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta.

Kunjungan ini telah disepakati tahun lalu dalam pertemuan MSG di Kaledonia Baru. Rencananya, kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat situasi di Propinsi Papua, guna mencari dasar bagi kelompok negara-negara MSG tersebut memberi keanggotaan bagi Gerakan Papua Merdeka dalam MSG.

Namun, begitu agenda kunjungan yang disepakati di Kaledonia Baru itu mulai diketahui secara luas, sejumlah negara MSG kemudian menarik diri dari kesepakatan dan mengubah agenda kunjungan. Termasuk di antaranya Fiji, yang mendesak agar agenda kunjungan ke Indonesia diubah.

Begitu agendanya berubah, Vanuatu menjadi satu-satunya negara yang bersikeras pada agenda semula.
Rombongan para menlu negara di Pasifik ini menurut agenda baru, juga akan mengunjungi Papua, meskipun waktunya dibatasi hanya kurang dari satu hari.

Menanggapi sikap Menlu Vanuatu itu, Dr John Ondowame dari Koalisi Nasional Papua Barat bagi Pembebasan yang berbasis di Vanuatu, mengatakan, Indoensia tidak dapat dipercaya.

Vanuatu akan diwakili pada pertemuan itu oleh seorang utusan khusus.
Pemerintah Vanuatu menyatakan, kesepakatan yang akan ditandatangani dengan Jakarta tidak dapat mengatasnamakan kelompok negara MSG.





Sumber : Radioaustralia

7 comments:

  1. 1 .Libas akarnya pasti tumbuhannya mati.
    2. Jangan biarkan ada air disekitar pohonannya biar lama kelamaan mati.
    Cara pertama dipakai China dan Rusia relatif berhasil. Cara pertama pernah diterapkan Israel tapi gagal kemudian pakai cara kedua tapi tetap gagal. Indonesia besar dan kuat. Lakukan keduanya berbarengan dan sinergi. Kan pernah bisa masuk ke GAM dan mampu memonitor dalamnya, siapa pendukungnya di dalam dan luar, mempengaruhi arahnya....masa di Papua ga bisa.

    ReplyDelete
  2. Orang papua itu da di pengaruhi ma negara tetangga.. Sy yakin ada aktor di PAPUA NG.ma ausi.. Hehehe aneh juga y padahal negara2 kumpulan MSG negara bodoh. Gak pengaruhnya di dunia ibarat afrikanya asia.. Suku aborgini aja di ausi jadi gembel. Mana ada suku aborgini pegang jabatan tinggi di ausi kyk gubernur.. Ini segelintir aja org2 monyet di papua mau merdeka.. Lbh baik pemerintah fokuskan pembangunan di papua.. Krn mereka merasa dikucilkan.

    ReplyDelete
  3. Saudara Ahmad Sapar, saya yakin Saudara mencintai NKRI sama seperti saya, dan mungkin banyak warga Papua juga demikian, OPM adalah sekelompok orang yang oportunistik mencari kesenangan sendiri yang mengatasnamakan masyarakat Papua, tapi mungkin komentar Saudara diberikan sedikit emosi sehingga terkesan rasial, seperti menyebut "negara2 kumpulan MSG negara bodoh" dan menyebut dalam konteks yang sama "suku aborigini aja di ausi jadi gembel". Jangan berikan kesempatan mental rasial hidup di NKRI, kalau tidak kita akan tetap jadi nehara kerdil.

    ReplyDelete
  4. Negara-negara melanisia adalah negara-negara kecil nan miskin yg dikelilingi samudera pasifik, sepak terjang negara2 ini nyaris tak terdengar. Vanuatu, Fiji, New Caledonia, Solomon, hanya Papua Nugini yg memiliki wilayah lumayan luas. Bermodalkan ras sesama melanisia mereka mencoba mengutak-utik NKRI dg memfasilitasi Gerakan Papua Merdeka. Negara-negara spt ini tdk boleh di kasih hati. Indonesia hrs punya sikap politik yg tegas terkait isu Papua yg selalu dihembuskan negara oceania ini.

    ReplyDelete
  5. kenapa negara-negara melanesia tdk bergabung saja dengan NegaraKesatuanRI (pewaris negara Atlantis) yg berbineka tunggal ika yg trdiri dri kesatuan berbagai suku bangsa di nusantara,,kenapa justru menghamba kpd negara bule kesasar(aussi) yg justru memarjinalkan penduduk asli/saudara kita etnis senusantara yaitu suku aborigin/yg tak lain adl suku papua/melanesia juga.. sadarkah kenapa di sumatra ada gunung rajabasa (penguasa bahasa), dijawa ad kota SLEMAN, solo, sungai/bengawan solo, haikal Borobudur yg reliefnya menggambarkan 100% kisah nabi sulaiman dg ratu balkis/bulqo/boqo/boko sampai ujung timur di kepulauan melanesia ada yg namanya kepulauan solomon??? tak lain nusantara ini adl peninggalan raja sulaiaman/solomon yg pernah menguasai 3/4 bumi dan kekuasaannya tak tertandingi sepanjang jaman.. promise land itu bukan di Yaman atau palestina yg panas dan bergurun pasir tp di kitab suci pun diterangkan ia ada di timur jauh/selatan=alias tenggara yg tak lain adl nusantara ini...tanah surga, lautnya, buminya, kualitas udaranya, gunungnya, tumbuhan dan hewannya, jenis manusianya dsb... msh tdk percaya buka youtube hasil penelitian Fahmi Basya, dan prof.arisio santos dari brazil

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka juga youtube Dr.zakir naik persamaan islam-hindu....disitu dikupas tuntas ternyata Nabi Muhammad dikabarkan kedatangannya di semua kitab2 suci terdahulu baik dalam taurat, injil, bahkan di dalam Weda/Hindu sbg resi terakhir yg ditunggu kedatangannya dan pengikutnya akan dipanggil musalaman/muslim, ciri2nya pun persis 100% dg muslim... ternyata weda adl ajaran tauhid yg diselewengkan sprti kitab yg lain, ini murni berasal dari kitab weda sendiri... bahkan di al-quran sendiri jg dijelaskan nabi sulaiman membuat patung2, seperti piring2, periuk yg tetap, pakaiannya mengenakan 2 sutera/seperti selendang orang berhaji/pakaian ihram/seperti orang hindu,,,, kemungkina dewa brahma yg beristri dewi saraswati tak lain adl nabi ibrahim yg beristri sara/sarah/siti sarah... hal tersebut tersembunyi dibalik bahasa... weda dg bahasa sansekerta sedangkan al-quran dg bahasa arab... ingat borobudur itu dibangun oleh pasukan jin dan raksasa dijaman dinasti syailendra (bhs sansekerta/jawa kuno) diterjemahkan syailendra=syaila+indra=raja gunung= raja sulaiman/daud

      Delete
    2. sepertinya negara israel yg kufur yg diusir Tuhan dari tempat kediamannya/alias zionis dan peranakannya sudah tahu kebenaran ini...... tengok disemua film Holliwood seakan dibuat untuk memperolok mereka yg belum tahu.... siapakah tokoh para kurcaci yg dimanfaatkan dracula dlm film franskenstain,, siapakah para hobbit yg memiliki kecerdasan dan sbg penentu kehancuran dunia dlm film Lord of the ring,,, dimanakah itu negara api/bergunung api tempatnya kelahiran sang avatar(penyelamat/mngkn mksudnya imam mahdi),, dan banyak lagi film2 barat yg mengikutkan tokoh2 kurcaci yg bertubuh pendek tetapi memiliki kecerdasan, lucunya para kurcaci tsb hanya ditempatkan sbg pembantu/buruh bg tokoh utama alias dimanfaatkan saja..... didalam dunia nyata siapa kira2 para kurcaci ini...ada yg bisa jawab??????

      Delete