Monday, February 17, 2014

The Jupiters Tampil Gemilang di Singapore Airshow 2014


Jakarta (MI) : Tim aerobatik TNI AU The Jupiters satu-satunya tim aerobatik yang menggunakan pesawat turboprop engine KT-1B Woong Bee pabrikan Korea Aerospace Industries (KAI), tampil dengan peformance gemilang pada Singapore Airshow 2014. 
 
Tampilnya The Jupiters di Singapore Airshow sesuai permohonan dari Chief of Air Force Republic of Singapore Air Force pada tanggal 6 juni 2013.
The Jupiters dipimpin oleh Flight Leader/Jupiter 1 Mayor Pnb. Feri Yunaldi, Jupiter 2 Kapten Pnb Ripdho Utomo sebagai Wing Right, Jupiter 3 Kapten Pnb Apri Arfianto sebagai Wing Left, Jupiter 4 Mayor Pnb Ari Susiono sebagai Slot, Jupiter 5 Mayor Pnb Sri Raharjo Lead Synchro, dan Jupiter 6 Mayor Pnb Marcellinus Dirgantara sebagai Synchro.

President KAI & CEO Mr. Sung Yong menyaksikan langsung atraksi udara The jupiter yang menggunakan pesawat pabrikannya, usai atraksi Sung Yong langsung mendatangi para penerbang The Jupiters di Gerai TNI AU yang disediakan panitia.
Sung Yong mengagumi peformance para penerbang Jupiters yang menggunakan pesawat KT-1B pabrikan KAI yang langsung disampaikan kepada Komandan Lanud Adi Sutjipto Marsma TNI Agus Munandar dan para penerbangnya.

Selain The Jupiters, Royal of Korea air Force (ROKAF) dengan delapan pesawat “Black Eagle”nya juga tampil menggunakan pesawat pabrikan KAI T-50 Golden Eagle.
The Jupiters tetap tampil di Singapore Airshow walaupun situasi politik di tanah air sedang memanas dengan pemerintah Singapura, tentang penamaan KRI yang dipesan dari Inggris.

Dubes RI untuk Singapura Andri mengatakan, penampilan The Jupiters mendapat apresiasi dari warga Singapura yang tidak berpengaruh suhu politik kedua negara.
“saya bangga pada kalian dapat tampil di Singapura Airshow, kalian adalah pahlawan diplomasi, ujarnya saat mengunjungi para penerbang dan crew Jupiters di Changi Air Base.

Dihadapan masyarakat Singapura yang memadati Changi Exhibition Center, The Jupiters tetap menampilkan 14 manuver aerobatik seperti jupiter roll, arraw head loop-break off, half cuban-jupiter wheel, tanggo to diamond, morror, screw roll, heart, roll slide, solo spin, five cards loop, jupiter roll back, dan loop and dive boom Burst, yang disambut Applause ribuan penonton.

Sementara usai dari Singapore Airshow Jupiters langsung tampil pada Gebyar Dirgantara Sriwijaya di Pangkalan TNI AU Palembang yang dibuka oleh Gubernur Sumsel Alex Nurdin yang didampingi Danlanud Palembang Letkol Pnb Ramot Sinaga.

Pada Gebyar Dirgantara Sriwijaya selain Jupiters, digelar pula statik show Alutsista TNI dan Polri, aeromodeling, Ikatan Motor Indonesia (IMI), motor besar, lomba fotografi, lomba mewarnai gambar, pramuka sakadirgantara serta Fasida Sumsel.





Sumber : TNI AU

No comments:

Post a Comment