Tuesday, February 18, 2014

Menlu: WNI Tidak Boleh Terlibat Pertempuran di Suriah

Menlu Marty Natalegawa (Foto:Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA (MI) : Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengimbau agar warga negara Indonesia (WNI) tidak turut serta berperang di Suriah. Sebelumnya memang ada laporan kemungkinan WNI turut berperang di negara yang dilanda perang saudara tersebut.

"Mengenai WNI di Suriah, kami tidak bisa melakukan verifikasi data warga Indonesia yang dikabarkan berperang di Suriah. Upaya kami saat ini lebih pada melakukan repatriasi WNI keluar dari suriah, karena WNI yang berada di Suriah memang cukup banyak," ujar Marty, di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (17/2/2014).

Menlu pun menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia bekerja keras untuk mengembalikan mereka ke Tanah Air.

"Kami mendengar beberapa WNI yang turut serta berperang di Suriah. Jelas hal itu tidak kami dukung, pesan kami jelas, WNI tidak boleh terlibat dalam pertempuran di suriah dan mereka harus kembali," tegasnya.

Sementara melihat kondisi yang terjadi di Suriah saat ini, Pemerintah Indonesia menilai seluruh pihak harus menggandakan upaya untuk memastikan solusi diplomatik bisa menjadi pemecahan masalah konflik yang terjadi di Suriah.

"Masalah ini sudah harus ditangani dengan cepat agar tidak jatuh banyak korban," tutur Marty.

Marty menegaskan sikap Indonesia yang sudah jelas mengenai Suriah. Mantan Dubes RI untuk Inggris itu mengatakan, sudah sepatutnya dunia harus mengupayakan solusi politik agar bantuan kemanusiaan bisa mengalir di Suriah. 





Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment