Saturday, May 31, 2014

Pangarmatim Tinjau Kesiapan Rencana Serbuan Amfibi Latgab TNI


Surabaya (MI) : Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Sri Mohamad Darojatim meninjau kesiapan rencana serbuan amfibi pada Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2014 dalam Tactical Floor Game (TFG) di Pusat Latihan Kapal Perang Kolat Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jumat (30/5/2014).
Operasi Amfibi akan dilaksanakan oleh jajaran Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib) Latgab TNI tahun 2014, dipimpin Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmabar Laksamana Pertama TNI Didik Setiyono selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Amfibi (Pangkogasgabfib). Serbuan dan pendaratan amfibi merupakan latihan puncak dalam rangkaian kegiatan Latgab TNI tahun 2014 yang akan digelar dalam waktu dekat ini.
Acara TFG membahas tentang taktik dan teknik yang akan diaplikasikan oleh para pelaku latihan pada tahap manuver lapangan. Unsur yang tergabung dalam Kogasgabfib antara lain kapal perang angkut material dan personel  jenis Landing Platform Dock (LPD), Landing Ship Tank (LST), Kapal Penyapu Ranjau (PR), pasukan khusus TNI AL Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Intai Para Amfibi (Taifib) serta pasukan pendarat (Pasrat) Marinir dan persenjataannya.
“Melalui TFG ini diharapkan para peserta latihan dapat lebih memahami konsep opersi amfibi serta doktrin taktis dan teknis yang akan diaplikasikan dalam tahap manuver lapangan”, kata Pangarmatim menegaskan.
Kegiatan TFG dihadiri Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmabar Laksamana Pertama TNI Didik Setiyono selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Amfibi (Pangkogasgabfib), Komandan Satuan Kapal Eskorta (Dansatkor) Koarmabar Kolonel Laut (P) A. Wibisono selaku Asops Kogasgabfib, Komandan Satuan Tugas Laut (Dansatgasla) Kolonel Laut (P) Andi Abdul Aziz, para pejabat Kogasgabfib, para komandan kapal perang, Komandan Tim Kopaska dan Taifib serta  para Komandan Pasukan Pendarat Marinir. 






Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment