Saturday, May 31, 2014

Kapal Tanker Thailand Diduga Dibajak di Wilayah Indonesia

Kapal Tanker Thailand Diduga Dibajak di Wilayah Indonesia

KUALA LUMPUR (MI) : Sebuah kapal tanker asal Thailand diperkirakan telah dibajak di sekitar perairan Indonesia, ketika melakukan perjalanan dari Singapura menuju Indonesia, Biro Maritim Internasional (IMB) melaporkan pada Sabtu (31/5/2014).

“Kapal tanker minyak diesel MT Orapin 4, dengan 14 awak kapal, kehilangan kontak dengan pemiliknya setelah berangkat dari Singapura awal pekan lalu,” ungkap pusat pelaporan perompakan IMB yang berbasis di Kuala Lumpur (KL), seperti dilansir Channel News Asia.

“Kapal itu menghilang ketika dalam perjalan dari Singapura menuju Kalimantan,” biro tersebut menambahkan. Kepala IMB KL, Noel Choong menyatakan, “ini mungkin kasus pembajakan.” Menurut dia wilayah perairan tersebut memang rawan pembajakan.

“Pembajak kerap melakukan penyerangan terhadap kapal-kapal tanker dan kargo yang melintas di sana dalam beberapa pekan terakhir, tetapi biasanya mereka lebih sering menyerang kapal kargo,” Choong menambahkan.

Ini adalah kejadian kedua yang menimpa kapal tanker asal Thailand, setelah April lalu perompak bersenjata berat membajak sebuah kapal tanker milik Thailand di lepas pantai timur Malaysia. Pembajak melukai kapten dan mengambil muatannya.








Sumber :  Sindonews

No comments:

Post a Comment