Sunday, May 25, 2014

Latgab TNI Libatkan Belasan Ribu Personel dan Habiskan Anggaran Rp 30 M


JAKARTA (MI) : Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menggelar latihan gabungan (Latgab) yang melibatkan belasan ribu personel dan puluhan alutsista darat, udara dan laut. Puncak Latgab TNI 2014 ini akan berlangsung tanggal 3-4 Juni 2014 di Situbondo, Jawa Timur.

Hari ini, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko memimpin langsung apel kesiapan prajurit TNI yang akan ikut serta dalam Latgab tersebut, di Lapangan Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara, Minggu (25/5/2014).

Moeldoko mengatakan, kegiatan latihan gabungan ini menelan anggaran Rp 30 miliar. "Biayanya Rp30 miliar ke atas, karena latihannya cukup lama. Melibatkan 13.936 personel. Pasukan gabungannya Kostrad, kavaleri, artileri, angkatan laut dari Armabar dan Armatim, pasukan marinir, serta pasukan udara," kata Moeldoko.

Rencananya, dalam latgab tersebut TNI juga menerjunkan sejumlah kendaraan tempur, seperti tank, puluhan helikopter dan 30 meriam milik TNI Angkatan Darat. Sedangkan dari Angkatan Laut menurunkan berbagai jenis kapal. Dari Angkatan Udara akan menurunkan 40 pesawat tempur.

Moeldoko mengatakan, sejauh ini persiapan latihan gabungan sudah hampir mencapai 100 persen. "Semua pada dasarnya sudah siap. Persenjataannya cukup," ujar Moeldoko.







Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment