Wednesday, May 28, 2014

Lima Aspek Harus Tercapai dalam Latgab TNI 2014

http://suaramerdeka.com/foto_aktual/a554bc1ac83bd8d80b43987b29021f63.jpg

SEMARANG (MI) : Direktur Latihan Gabungan (Dirlatgab) TNI, Letjen TNI Lodewijk F Paulus menegaskan ada lima aspek sasaran  yang ingin dicapai dalam Latihan Gabungan TNI tahun 2014.

“Lima aspek yang harus dicapai dalam Latgab TNI 2014 ini meliputi aspek strategis, aspek operasional, aspek taktik, aspek psikologi dan aspek kajian," tandas Lodewijk usai melakukan pengecekan  terhadap kesiapan Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad), di Lanumad Ahmad Yani, Semarang, Selasa (27/5).
Jenderal bintang tiga tersebut menjelaskan, aspek strategis sebagai upaya untuk mewujudkan penangkalan terhadap potensi- potensi ancaman militer. Hal tersebut mempunyai arti jika TNI senantiasa siap, siapapun dan Negara manapun tak akan berani mengusik dan mengganggu NKRI.

Sementara untuk aspek kedua, yaitu operasional, Lodewijk mengatakan seminggu lalu telah dilewati latihan posko. Ada 14 langkah atas proses pengambilan keputusan militer yang dilatihkan saat itu.  “Langkah ke-12 sudah kami lewati, yaitu tactical floor game (TFG) dan sekarang akan memasuki tahap uji lapangan, dengan latihan gabungan (latgab)," katanya.

Berikutnya, akan dilanjutkan dengan aspek taktik,  teknis dan prosedur untuk menguji sejauh mana kemampuan prajurit mengaplikasikan taktik- taktik yang telah dikuasai. "Dalam latihan tahap ini akan menguasai teknik dan prosedur- prosedur dalam operasi gabungan, yang melibatkan unsur darat, laut dan udara tersebut," tuturnya.

Aspek yang keempat, aspek psikologi, Lodewijk menjelaskan selain mewujudkan interoperability antar prajurit, dalam latihan tersebut juga akan mengikat prajurit secara emosional. Dengan begitu prajurit mempunyai semangat dan daya juang dalam perang. Sementara untuk aspek kajian, beliau mengharapkan latgab dapat digunakan sebagai  penelitian serta pengembangan (litbang) TNI untuk kemajuan ke depannya.

Lodewijk menerangkan telah melibatkan 13.936 personil TNI dalam latgab 2014. Mereka terdiri dari tiga matra TNI.  “Untuk hari ini (Selasa-red) kami mengecek sebagian dari unsur darat, yakni.  Penerbad, yang  melibatkan 35 pesawatnya, terdiri dari heli MI 35, MI 17 dan Bell 205," katanya didampingi Pangkostrad, Letjen TNI Gatot Nurmantyo.


Sumber : Suaramerdeka

No comments:

Post a Comment