Tuesday, February 11, 2014

Renang Malam “Cantoka Sena Yudha” Asah Kemampuan Naval Special Warfare



Surabaya (MI) : Renang malam mengawali kegiatan latihan K-2  “ Cantoka Sena Yudha –Combat Swimmer “ tahun 2014 Komando Pasukan Katak (Kopaska) Koarmatim, Senin (10/2) di Pantai Pasir Putih Situbondo. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 20.00 Wib itu dibawah pengawasan langsung Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Dansatkopaska) Kolonel Laut (P) Bramantyo, S.E.


Renang malam yang dilaksanakan oleh  pasukan khusus TNI Angkatan Laut tersebut, dilaksanakan seusai melaksanakan Pergeseran Pasukan (Serpas) dari pangkalan Surabaya menuju daerah latihan di sekitar perairan Pasir Putih Situbondo.


Latihan semacam ini merupakan salah satu  kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap pasukan yang berspesialisasi sebagai Naval Special Warfare. Dalam renang  malam menembus gelombang dan kegelapan malam itu, para pasukan khusus milik Koarmatim itu menempuh jarak kurang lebih satu mil laut dari bibir pantai, sedangkan kecepatan arus saat itu antara 0,5 – 1 knot arah kiri.


Empat tim perenang diluncurkan dengan menggunakan perahu karet ke tengah laut dalam kegelapan malam dan deru gelombang yang terus menghajar, semangat para perenang tidak surut meski harus berperang dengan dinginnya udara, dan ganasnya tantangan perairan. Setiap tim perenang diwajibkan untuk sampai ke tumpuan pantai  pada koordinat  tertentu,  dalam waktu secepat dan serahasia mungkin, untuk memperkecil kemungkinan diketahui akan kehadirannya baik itu oleh lawan maupun kawan.


Latihan ini menuntut keberanian, ketahanan fisik, kemahiran dan kemampuan untuk mengamati dan menandai titik kordinat yang dituju. Selain itu juga untuk mengasah naluri tempur serta penguasaan medan. Melalui renang malam seperti ini diharapkan dapat meningkatkan keberanian dan melahirkan semangat juang bagi setiap personel pasukan khusus.


Latihan K-2 yang digelar oleh Satkopaska Koarmatim ini merupakan latihan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan  perorangan serta memantapkan kerjasama dalam tim prajurit Satkopaska Koarmatim. Selain itu juga berguna untuk mensinergikan kemampuan perorangan prajurit dengan unsur pendukung lainnya dalam operasi amphibi maupun melaksanakan peperangan laut khusus.

Kegiatan ini melibatkan 160 personel yang terdiri dari unsur pelaku dan pendukung, latihan berlangsung dari tanggal 3 Februari hingga 22 Februari 2014. Kegiatan rutin asah kemampuan itu bertempat di pangkalan Surabaya dan perairan Situbondo. Dengan materi latihan meliputi markmanship, renang, penyelaman, Sneak Attack Pearl Attack, Ship Attack, Sabotase dan Demolisi bawah air.




Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment