Monday, February 10, 2014

Indonesia - Timor Leste Tindak Lanjuti Perjhanjian Kerja Sama Pertahanan

http://dmc.kemhan.go.id/images/uploads/647858Xanana-Gusmao.jpg

Jakarta (MI) : Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) dan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) menindaklanjuti perjanjian kerja sama atau Joint Cooperation Agreement  pertahanan yang telah ditandatangani pada tahun 2011 lalu di Dili, Timor Leste. Tindak lanjut kerja sama tersebut diperkuat dengan bilateral meeting yang dilakukan Menhan Purnomo Yusgiantoro dan Perdana Menteri merangkap Menteri Pertahanan dan Keamanan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) Kay Rala Xanana Gusmao, Senin (10/2), di Kemhan, Jakarta.

Kerja sama pertahanan antara Indonesia dan RDTL tersebut meliputi pertemuan bilateral rutin serta konsultasi dalam isu-isu keamanan strategis. Kesepakatan kerja sama lainnya yaitu saling tukar informasi dalam hal pertahanan dan peningkatan kerja sama angkatan bersenjata kedua negara melalui latihan bersama angkatan bersenjata atau pertemuan personel dari tingkat rendah hingga tingkat yang lebih tinggi.
Menhan RI menekankan beberapa area kerja sama telah dilaksanakan dan dapat ditingkatkan dalam kerja sama pertahanan kedua negara. Kerja sama yang telah dilaksanakan antara lain saling kunjung pimpinan pertahanan, pendidikan dan pelatihan, kerjasama industri pertahanan.

Melalui kesepakatan tersebut kedua negara berharap kerja sama ini menjadi lebih dekat dan kuat termasuk diantaranya kerja sama dalam bidang bantuan logistik, industri pertahanan serta  bidang lainnya, yang disetujui oleh kedua belah pihak.

Menhan mengapresiasi Xanana Gusmao yang bulan September tahun ini akan memasuki masa pensiun, yang sangat mendukung diadakannya Jakarta International Defence Dialogue (JIDD). PM sekaligus Menhankam RDTL ini setiap tahunnya menghadiri dan menjadi pembicara dalam JIDD yaitu dialog pertahanan tahunan yang diadakan oleh Kemhan RI.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama,  PM sekaligus Menhankam RDTL yang ramah ini menyatakan keinginannya untuk membangun kerja sama pertahanan yang lebih baik lagi. Selain itu sebagai negara tetangga diharapkan Timor Leste dan Indonesia dapat melihat kedepan tentang berbagai isu yang kerap melanda negara bertetangga.

“Untuk itu kerja sama ini diharapkan dapat lebih meningkat seperti halnya sektor-sektor kehidupan lainnya,” tegas Menhankam RDTL.
Sumber : DMC Kemhan

No comments:

Post a Comment