Friday, May 31, 2013

TNI Penanggung Jawab UNIFIL Peacekeeper Day di Lebanon

peackeepers day 29 mei 2013 DI UNIFIL

Lebanon (MI) :  UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) merayakan UNIFIL Peacekeeper Day yang ke-65, sejak ditetapkan PBB pada tanggal 29 Mei 1948.   Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati dan memberikan penghormatan kepada para arwah pasukan penjaga perdamaina yang telah gugur dalam melaksanakan misi perdamaian diseluruh wilayah konflik, juga untuk memberikan penghargaan kepada semua personel penjaga perdamaian yang sedang melaksanakan tugas menjaga perdamaian diseluruh wilayah konflik termasuk di Lebanon.  

Dalam waktu yang bersamaaan dilaksakan juga upacara penyematan medali penghargaan kepada 40 Personel pasukan perdamaian yag sudah melaksanakan tugas di UNIFIL tanpa cacat selama minimal 3 bulan.

dalam kegiatan ini, menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Kontingen Garuda TNI/FHQSU (Force Head Quarter Support Unit) yang dipimpin oleh  Kolonel Inf Karmin Suharna S,ip M.A karena mendapat kepercayaan sebagai penanggung jawab keseluruhan pelaksanaan kegiatan memperingati hari Peacekeeper Day mulai dari Pengamanan, penunjukkan personel yang bertugas sebagai Pejabat dalam upacara ini.  Untuk pengamanan kegiatan Dankontingen Garuda TNI Menunjuk Kompi Force Protection Company (Srilanka) dengan melibatkan 100 personel, 4 APC, Sniper termasuk anjing pelacak. Kebanggaan lainnya adalah penunjukkan Mayor Inf M. Nasrul (Dansatgas CIMIC) sebagai Komandan Upacara serta penunjukkan Lettu CBA Victor Mandagie sebagai pembawa bendera PBB yang diiringi dengan Sang Merah Putih yang dibawa oleh Kapten Inf Novi Widiyanto, diikuti oleh 37 perwakilan seluruh dunia.

Perayaan Peacekeeper Day kali ini dihadiri oleh semua unsur pejabat UNIFIL yang bertugas di markas besar yang ada di Naqura juga para pejabat UNIFIL yang ada di sektor timur dan sektor barat.  Selain itu juga hadir sebagai undangan kehormatan para pejabat militer dan sipil perwakilan dari Pememrintah Lebanon termasuk para pemuka agama di Lebanon selatan.

Suasana hikmat sangat terasa dalam pelaksanaan upacara dimulai dari laporan Komandan Upacara kepada Deptuy Force Commander Brigjen Patrick Phelan yang juga menjabat sebagai acting Head of the Mission dilanjutkan inspeksi pasukan yang terlibat dan peletakan karangan bunga oleh Deptuy Force Commander dan Perwakilan dari Angkatan Bersenjata Lebanon di monument UNIFIL dan mengheningkan cipta selama 1 menit oleh para hadirin dan peserta upacara serta menampilkan parade pasukan yang berasal 38 negara yang berkontribusi dalam pelaksanan misi perdamaian ini dengan membawa bendera kebangsaan masing-masing, untuk mengenang para Peacekeeper yang gugur dalam melaksanakan tugas.

Dalam amanatnya Deputi Force Commander memberikan penghoramatan dan penghargagaa kepada 3 orang peacekeeper yang gugur tahun ini yang bersal dari Banglades, India dan Nepal serta ucapan terimakasih kepada pemerintah Lebanon atas kerja sama yang dilaksanakan selama ini dalam menjaga perdamaian di wilayah Lebanon selatan dan juga kepada seluruh personel UNIFIL baik militer maupun sipil atas kontribusi dan kredibilitas kerja yang tinggi dalam melaksanakan tugas perdamaian. Deputi Force Commander juga mengajak kepada seluruh personel UNIFIL untuk tetap dapat melaksanakan tugas dengan baik, beliau juga menghimbau agar pemerintah Lebanon tetap mau bekerja sama untuk menjaga kedamaian di wilayah Lebanon pada umumnya, khususnya Lebanon selatan.

Dalam kesempatan khusus Deputi Force Commander mengucapkan terima kasih dan apresiasi khusus kepada Komandan Kontingen Garuda sebagai penangngung jawab seluruh kegiatan ini juga kepada seluruh personel Kontingen Garuda yang terlibat dalam mendukung kelancaran peringatan hari Peacekeeper Day yang ke-65 yang telah bekerja keras mulai dari penyiapan perlengkapan, penyusunan admintrasi dan pengamanan demi suksesnya kegiatan bergengsi ini.



Sumber : PKC-Indonesia

No comments:

Post a Comment