Monday, May 27, 2013

MARINIR TNI AL DAN US NAVY LAKSANAKAN PEMBUATAN ERW-CP DAN CONCRETE CLOTH


Banten (MI) : Prajurit Batalyon Zeni-2 Korps Marinir melaksanakan pembuatan Explosive Remnants of War Collection Points (ERW-CP) Dan Concrete Cloth (CC) di Desa Tanjung Pasir Teluk Naga Kab. Tangerang, Banten, Minggu (26/5/2013).

Pembuatan ERW-CP dan Concrete Cloth merupakan bagian materi dalam Latihan Bersama (Latma) Subject Matter Expert Exchange (SMEE) 2013, yang melibatkan Satuan Setingkat Peleton (SST) dari Korps Marinir TNI AL dan US Navy.

ERW-CP merupakan metode penanggulangan penjinakan bahan peledak dengan menggunakan alat-alat sederhana yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti ban bekas, pasir, semen, rumput dan dedaunan serta alat sederhana lainnya. Tujuan dari pembuatan ERW-CP ini adalah untuk menangani serta menjinakan bahan peledak secara efesien dan aman sehingga dapat meminimalisir jatuhnya korban.

Selain pembuatan ERW-CP, Prajurit Batalyon Zeni-2 Marinir dan US Navy juga membangun Concrete Cloth (CC) yang merupakan pengenalan metode sanitasi dengan menggunakan teknologi terbaru berupa kain yang dapat mengeras sehingga dapat digunakan untuk sanitasi saluran pembuangan air. Pada pelaksanaan pembuatan Concrete Cloth sangat sederhana dan singkat dengan hasil yang maksimal serta mampu bertahan hingga 15 tahun.


Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment