Friday, March 28, 2014

Tujuh Pulau Terdepan di Natuna Tak Berpenghuni

Pulau Sekatung

NATUNA (MI) : Sebanyak tujuh buah pulau yang berada paling terluar NKRI yang masuk wilayah Kabupaten Natuna belum berpenghuni. Bahkan belum pernah sekalipun dikunjungi, baik oleh pemerintah daerah maupun oleh pemerintah provinsi dan pusat. Tujuh pulau itu adalah Pulau Sekatung, Pulau Sengiun di Kecamatan Pulau Laut, Pulau Subi Kecil di Kecamatan Subi, Pulau Sepala dan Sematan dan Pulau Tukong di Kecamatan Serasan.

Bupati Natuna, Ilyas Sabli, mengatakan Pulau Sepala dan Sematan Kecil yang berada di Kecamatan Serasan yang sangat berdekatan dengan Malaysia itu, hanya ditandai secara umum dengan tower marcusuar.
“Demikain juga dengan pulau yang lainnya, cuma ada tanda yang umum, seperti rambu internasional,” kata Ilyas.

Salah satu penyebabnya, kata Ilyas, adalah keterbatasan biaya serta minimnya sarana untuk menuju ke pulau tersebut.
“Agar pulau tersebut ada penghuninya, maka ke depannya pemerintah Natuna akan menempatkan beberapa keluarga dengan memberikan insentif dan menyediakan tempat tinggal yang layak,” tuturnya lagi.

Untuk itu, katanya, agar pulau-pulau terluar tersebut tetap terjaga, perlu adanya bantuan dari pemerintah pusat untuk menyediakan kapal yang bisa menjangkau pulau-pulau terluar tersebut.
“Kami minta bantun dari pemerintah pusat, agar memberikan bantuan sebuah kapal yang bisa menjangkau pulau-pulau itu. Sebagaimana diketahui, pemerintah daerah Natuna sendiri tidak ada anggaran untuk menyediakan kapal yang bisa menjangkau daerah terluar tersebut,” pungkasnya. 



Sumber : Batampos

1 comment: