Thursday, March 27, 2014

Kunjungan Wamenhan ke PT Pindad


Bandung (MI) : Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sjafrie Sjamsoedin mengunjungi PT Pindad (Persero) pada Rabu, 26 Maret 2014. Beliau, yang bertindak sebagai ketua High Level Committee (HLC) diterima oleh jajaran Komisaris, jajaran Direksi, dan para pejabat teras pada acara yang diadakan di Gedung 100, Departemen Produksi II Divisi Kendaraan Khusus. Turut mendampingi Wamenhan adalah para anggota High Level Committee (HLC).


Kunjungan Wamenhan bersama para anggota HLC, yang merupakan gabungan dari unsur Kementerian Pertahanan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Keuangan, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) kali ini adalah untuk meninjau progress pengerjaan kontrak retrofit AMX-13 dan kontrak kendaraan taktis 4×4 Mistral. PLT Direktur Utama PT Pindad (Persero) Tri Hardjono memaparkan perkembangan kontrak AMX-13 serta beberapa kendala yang dihadapi PT Pindad (Persero) saat melakukan retrofit AMX-13, baik masalah teknis maupun non teknis.

Hingga saat ini, PT Pindad (Persero) telah berhasil membuat first article yaitu satu unit AMX-13 tipe Kanon. Satu unit ini telah mengalami beberapa rekondisi maupun penggantian dengan komponen yang benar-benar baru. Komponen kendaraan yang diubah adalah mesin yang digunakan, serta penambahan senjata Canon105 mm, fire control system yang sudah elektronik, dan transmisi otomatis.


Selain AMX-13, dipaparkan pula progress beberapa proyek kendaraan khusus PT Pindad (Persero) yang lain yaitu kontrak kendaraan taktis 4×4 Mistral, proyek Panser Anoa untuk tahun 2013 dan 2014, progress proyek tankLeopard, serta perkembangan proyek Munisi Kaliber Besar dan Roket. Beberapa saran dan masukan dari para anggota HLC, juga arahan dari Wamenhan untuk beberapa proyek PT Pindad (Persero) ini diharapkan dapat memberikan alternatif solusi untuk beberapa proyek yang sedang berjalan.
 
Wamenhan juga sempat menyaksikan demo satu unit AMX-13 serta sempat melihat satu unit kendaraan taktis 4×4 Mistral. Arahan dari Wamenhan hari itu diharapkan dapat menjadi dukungan moral dan juga motivasi bagi PT Pindad (Persero) untuk terus menyelesaikan program yang telah diberikan.
Sumber : BUMN

No comments:

Post a Comment