Saturday, March 29, 2014

Kopassus Batal Latihan Antiteror di Karanganyar

Helikopter TNI AD mendarat di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Sabtu (29/3/2014) | Foto: Maksum NF

Helikopter TNI AD mendarat di Alun-alun Kabupaten Karanganyar

KARANGANYAR (MI) : Pasukan antiteror Grup 2 Kopassus TNI AD sedianya menggelar latihan pembebasan sandera di Kantor Bupati Karanganyar, Sabtu (29/3/2014) siang ini. Tapi latihan itu mendadak batal, diganti  penerbangan gembira (joy flight) dengan helikopter yang sedianya digunakan untuk latihan.

Tidak ada penjelasan dari Kopassus mengenai latihan itu. Bupati Karanganyar Juliyatmono kepada Soloblitz menjelaskan, sedianya akan ada latihan pembebasan sandera. Latihan semacam itu sudah beberapa kali dilakukan di kantor kepala daerah, termasuk di Karanganyar.

“Tapi karena ada tamu KSAD di Kopassus, latihan ini dibatalkan,” ujarnya. Sebagai gantinya, Juliyatmono dan Wakil Bupati Rohadi  akhirnya diajak terbang dengan helikopter Bell 412 milik TNI AD yang siang tadi telanjur mendarat di Alun Alun Kabupaten.


Diajak Terbang, Bupati Karanganyar Girang


Bupati Karanganyar Juliyatmono menjajal duduk di kokpit helikopter Bell 412 TNI AD yang mendarat di depan kantornya, Sabtu (29/3/2014) | Foto: Maksum NF
Raut wajah Bupati Karanganyar Juliyatmono tampak berseri-seri seusai terbang sekitar 15 menit menggunakan helikopter tempur jenis Bell 412 milik TNI AD. Meski dia dan Wakil Bupati Rohadi harus duduk di lantai kabin, karena memang tidak ada kursi di pesawat, dia mengaku senang bisa melihat Karanganyar dari udara.
“Tadi ya memutarnya di area perkotaan saja. Ternyata indah sekali,” ujar Juliyatmono seusai terbang, Sabtu (29/3/2014). Dia kemudian menjajal duduk di kokpit pilot sekaligus mengenakan helm penerbang warna hijau tua.
Penerbangan itu dilakukan untuk menggantikan kegiatan latihan antiteror Grup 2 Kopassus di kompleks kantor Bupati Karanganyar. Menurut Juliyatmono pembatalan itu karena Kopassus tengah menerima tamu KSAD.
Sebuah latihan pasukan yang menggunakan helikopter, memakan biaya mahal. Namun, Juliyatmono membantah pihaknya membantu mendanai latihan tersebut. “Ini kegiatan Kopassus, biayanya tentu saja dari mereka,” ujarnya. 
 
 

Sumber :  Soloblitz

No comments:

Post a Comment