Tuesday, March 25, 2014

Prajurit Satuan Kapal Bantu TNI AL Tingkatkan Kemampuan Selam



Surabaya (MI) : Sekitar 185 prajurit Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim melaksanakan latihan menyelam terbatas di Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmatim. Latihan yang berlangsung sejak tanggal 17 hingga 28 Maret mendatang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar-dasar penyelaman dan pekerjaan bawah air secara terbatas.

Kemampuan tersebut untuk mengantisipasi apabila terjadi situasi darurat permasalahan bawah air yang sewaktu-waktu dapat terjadi di daerah operasi, sehingga para prajurit siap mengatasinya.


Para peserta yang pada umumnya adalah prajurit kapal perang dari jajaran Satban ini akan menerima beberapa materi latihan yang meliputi prosedur menyelam secara baik dan aman, memahami penggunaan peralatan selam yang benar, melaksanakan pemeliharaan peralatan selam yang dimiliki oleh kapalnya serta dapat mengerjakan pekerjaan bawah air secara terbatas di daerah operasi.

Menurut Komandan Satban Kolonel Laut (P) P. Rahmad Wahyudi, S.E. selaku Perwira Pelaksana Latihan (Papelat) latihan ini secara keseluruhan diikuti oleh 220 personel yang terdiri dari pelaku, penilai, pelatih/instruktur, staf latihan termasuk pendukung dari Diskes Koarmatim dan Penilai dari Kolatarmatim serta Tim SAR. Sedangkan tempat latihan dipusatkan di Dislambair Koarmatim dan kolam Basin Koarmatim. 
Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment