Tuesday, March 25, 2014

Di KTT Den Haag, Wapres Sampaikan Model Legislasi Nasional Tentang Keamanan Nuklir


Den Haag (MI) : Wakil Presiden (Wapres) Boediono hadir pada pembukaan KTT Keamanan Nuklir  2014 yang diselenggarakan di Gedung World Forum, Den Haag, Senin ((24/03) mulai pukul 16.10 waktu setempat atau pukul 23.10 WIB. Kedatangan Wapres Boediono disambut oleh PM Belanda, Mark Rutte.
Pembukaan KTT Keamanan Nuklir 2014 diawali dengan sambutan pembukaan  oleh Perdana Menteri Mark Rutte, dan dilanjutkan dengan sambutan  Presiden Republik Korea, Presiden Park Geun-hye, dan diakhiri  selanjutnya dengan sambutan Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Mun.

Pada KTT kali ini, Wapres Boediono dijadwalkan akan menyampaikan beberapa capaian dan dukungan Indonesia kepada upaya-upaya di bidang keamanan nuklir, seperti melanjutkan pemasangan Radiological Portal Monitors (RPM) di pelabuhan-pelabuhan laut Indonesia, pengesahan ICSANT. Selain itu, Wapres juga akan menyampaikan upaya Indonesia menyusun model legislasi nasional tentang keamanan nuklir yang disebut National Legislation Implementation Kit on Nuclear Security (NLIK). 

Inisiatif Indonesia dalam bentuk model legislasi tersebut telah didukung oleh 28 negara peserta NSS, dan dalam The Hague Communiqué terdapat pengakuan terhadap pentingnya penyusunan model legislasi sebagai bagian dari upaya memperkuat legislasi di bidang keamanan nuklir.
NLIK akan secara resmi diluncurkan dan disampaikan khusus dalam pernyataan Wapres Boediono pada KTT Keamanan Nuklir pada hari kedua pada Selasa (25/3) ini.

KTT Keamanan Nuklir 2014 di  Den Haag, dihadiri oleh 53 Kepala Negara/Pemerintahan dan   4  Pimpinan  Organisasi Internasional terkait seperti  the United Nations, the European Union, the International Atomic Energy Agency (IAEA), dan the International Criminal Police Organization
Di antara Kepala Negara/Pemerintah yang hadir dalam KTT Keamanan Nuklir 2014 adalah  Presiden Amerika Serikat Barak Obama, Presiden Republik Rakyat Cina Xi Jinping; PM Jepang Shinzo Abe; Presiden Republik Korea, Park Geun-hye;  PM Kanada, Stephen Harper;  maupun Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev.

Agenda Wapres Boediono di hari kedua pelaksanaan KTT Keamanan Nuklir yakni menyampaikan pandangan Indonesia terkait Legislasi Nasional tentang Keamanan Nuklir. Seluruh agenda KTT Keamanan Nuklir berlangsung di Gedung World Forum, Den Haag
Wapres Boediono menghadiri KTT Keamanan Nuklir 2014 dengan didampingi oleh Menlu Marty M. Natalegawa,  Dubes LBBP Indonesia untuk Kerajaaan Belanda,  Retno L.P. Marsudi, Ketua BAPETEN, Jazi Eko Istiyanto, Dirjen Multilateral Kemlu, Hasan Kleib, Seswapres Mohamad Oemar, dan anggota Delegasi Indonesia lainnya.  

Di sela-sela menghadiri KTT  Keamanan Nuklir 2014 di Den Haag, Wakil Presiden Boediono didampingi oleh Menlu Marty M. Natalegawa juga berkesempatan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Selandia Baru, John Key di Gedung World Forum. Pertemuan kedua negara untuk membahas kerja sama bilateral serta masalah regional dan global.
Sumber : Setgab

No comments:

Post a Comment