Friday, March 28, 2014

Latma Multilateral Komodo,Unsur KRI Terlibat Latihan di Perairan Batu Ampar Batam


Batam (MI) : Komandan Gugus Tempur laut Komando Armada RI bertindak selaku Direktur Latihan Multilateral Komodo 2014 Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., mengadakan rapat kesiapan dengan seluruh staf pelaku latihan menjelang even pelaksanaan  latihan bersama  yang dihadiri peserta dari negara Asean dan Asean Plus di Bool room KRI Tanjung Nusanive-973 saat sandar di dermaga batu Ampar Batam.
Rapat kesiapan tersebut dihadiri para komandan-komandan Satgas dan staf para pelaku latihan  yang tergabung dalam Latma Multilateral Komodo 2014 yang direncanakan akan dibuka secara resmi pada tanggal 29 meret 2014 dihadiri para pajabat TNI, Duta Besar dan para atase pertahanan serta delegasi peserta latihan para komandan-komandan KRI dan kapal perang negara peserta.
Rangkaian kegiatan Latma Multilateral diawali dengan kehadiran sejumlah KRI  yang saat ini telah sandar dan lego di Batu Ampar Batam dan sekitarnya diantaranya KRI Patiunus-384, KRI Arun-903 KRI Tanjung Kambani-971, KRI Tanjung Nusanive-973 dan KRI Teluk Banten-516 dalam rangka mendukung angkut peralatan dan messing prajurit  selama kegiatan berlangsung di Kota Batam
Kapal perang negara peserta diantaranya kapal perang dari Cina jenis Landing Platform Dock (LPD)  Plan Mount Changbai yang direncanakan tiba tanggal 27 Maret 2014 di perairan Batam. Sedangkan beberapa kapal perang lainnya yang direncanakan dari negera Asean dan Asean plus akan datang tanggal 28 April 2014 diantaranya kapal perang jenis Destroyer, jenis Off shose patrol vessel,Supoporting Ship, fregat, jenis angkut, kargo,patrol ship dan kapal perang rumah sakit.
Sejumlah  kurang lebih 18 kapal perang dan 12 kapal perang negara peserta besrta anak buah kapal yang mengawakinya  selama 3 hari akan berada di perairan Batam beserta ribuan prajurit TNI AL akan berada di Kota Batam .
 Sedangkan acara pembukaan ( open seremonial ) akan di pusatkan di Swiss Bell Hotel dan  berbagai acara kegiatan juga akan dipusatkan di lokasi Harbour Bay diantaranya kegiatan menyambut delegasi dari negara  peserta dengan acara Dinner  yang dikemas dengan penampilan seni budaya khas Indonesia, musik tradisional  dan band prajurit TNI AL  serta pengenalan  potensi pariwisata kepulauan Riau  .
Kegiatan Latma Multilateral Komodo 2014 yang baru pertama kali digelar ini dengan kegiatan diawali di Kota Batam direnanakan akan dihadiri peserta observer dari PBB, Asean, Uni Eropa, Belanda,Spanyol dan Perancis




Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment