Saturday, March 29, 2014

Batalyon Kostrad Mojolaban bakal Dilengkapi Alat Tempur


Sukoharjo (MI) : Guna mengecek persiapan lokasi dan personel batalyon infanteri mekanis yang akan ditempatkan di Batalyon 413 Kostrad Bremoro, Mojolaban, Sukoharjo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Budiman, meninjau langsung markas batlayon tersebut, Jumat (28/3). KASAD didampingi Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Sunindyo.
Beberapa kesiapan, baik mengenai lokasi, dan prajurit yang akan mengoperasionalkan sejumlah kendaraan baru untuk batalyon infanteri mekanis tersebut dicek satu persatu.

KASAD Jendral TNI Budiman mengatakan, Batalyon 413 Kostrad cocok dan memenuhi persyaratan menjadi infanteri mekanis yang akan dilengkapi dengan sejumlah peralatan tempur.
“Tahun ini pembelian sejumlah Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) baru, seperti Tank Leopard dan alat tempur lainnya terealisasi. Nanti Alutsista itu akan ditempatkan di batalyon ini,” ujarnya.

Jenderal Budiman menjelaskan, dipilihnya Batalyon 413 menjadi batalyon infanteri mekanis, berdasarkan pertimbangan karena berada di kota besar, dengan pasukan dan wilayah (lokasi) yang memadai.

“Prajurit sudah mulai dipersiapkan, dilatih mengoperasionalkan kendaraan-kendaraan tersebut. Rencananya perlengkapan itu akan datang pada bulan Oktober mendatang,” jelas Jenderal Budiman.
Diketahui, pada 2014 ini persenjataan TNI ditambah. Untuk angkatan udara ada penambahan 102 alat utama sistem senjata (alutsista) baru, berupa pesawat tempur F-16, T-50i, Sukhoi, Super Tucano, CN-295, pesawat angkut Hercules, Helikopter Cougar, Grob, KT-1, Boeing 737-500 dan radar.

Sementara untuk TNI Angkatan Darat, selain membeli 114 unit tank Leopard, pemerintah juga mengadakan 28 unit helikopter dan delapan unit Apache tipe AH-64E, meriam Caesar, roket MLRS Astros II dan rudal pertahanan udara jenis Starstreak serta Mistral.

Untuk matra laut, terdapat peningkatan Kapal perang korvet kelas Fatahillah, Kapal latih pengganti KRI Dewaruci, pengadaan 2 unit Kapal Hidro Oceanografi, dan lain lain. Untuk tank amfibi BMP-3F sebanyak 37 unit, dan panser amfibi BTR-4 sebanyak 5 unit.






Sumber : Timlo

No comments:

Post a Comment