Sunday, September 29, 2013

Prajurit TNI Kesurupan di Haiti

reog haiti 4

Haiti (MI) : Kreatifitas prajurit TNI yang sedang ditugaskan di luar negeri layak diapresiasi. Di sela sela waktu bertugas, mereka selalu punya atraksi unik untuk memikat hati warga negara di tempat tugas.

Misalnya yang dilakukan Satuan Tugas Kompi Zeni Pasukan Garuda XXXII-B yang sedang bertugas di Haiti. "Kita memeriahkan peringatan hari perdamaian dunia dengan menampilkan atraksi reog Ponorogo," ujar komandan Satgas Letkol Arief Novianto melalui surat elektronik kemarin (28/09).    

 reog haiti 1

Tampilnya kesenian Reog Ponorogo dalam memeriahkan pagelaran seni dan budaya tersebut merupakan undangan khusus dari Chief of Staff Military Component of MINUSTAH, Colonel Stephen Cadden, seorang perwira menengah berkewarganegaraan Kanada. Beberapa waktu yang lalu, Chief of Staff military component of MINUSTAH (COS) mengadakan kunjungan ke Bumi Garuda Camp, Gonaives, Haiti bersama dengan pejabat Chief of Integrated Support Staff (CISS).
 reog haiti 2

Dari hasil kunjungan tersebut pejabat Chief of Staff (COS) ternyata sangat tertarik akan pertunjukan seni Reog Ponorogo yang kala itu ditampilkan guna turut memeriahkan acara kunjungan pejabat COS dan CISS di Bumi Garuda Camp, Gonaives-Haiti.

"Karena ini permintaan khusus ya kami siapkan sebaik-baiknya," katanya. Dalam pagelaran seni dan budaya tersebut, kesenian reog Ponorogo ditampilkan sebagai acara inti. Atraksi ditampilkan lengkap dengan adegan ndadi atau kesurupan dengan memakan pecahan gelas dan menyemburkan api.
 reog haiti 3

Tampil pula personel "barongan" yang mengangkat dadak merak seberat sekitar 50 kilogram hanya dengan kekuatan gigitan gigi. "Dadak merak itu kami buat di Haiti, jadi tidak dibawa dari Indonesia,"katanya.     
Karena irama reog yang ritmis, banyak penonton terhanyut dan ikut menari. "Irama gamelan mirip dengan musik lokal Haiti, jadi banyak yang ikut joged," katanya. 



Sumber :  PKC-Indonesia,   JPNN

No comments:

Post a Comment