Thursday, October 3, 2013

Presiden China Singgung Lagu Ciptaan SBY dalam Pidatonya di DPR

Presiden China Xi Jinping dan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Jakarta (MI) : Presiden China Xi Jinping menyampaikan pidato  depan sejumlah Anggota DPR RI di gedung DPR RI Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Dalam pidatonya Xi Jinping menyinggung banyak hal mengenai hubungan baik kedua negara Indonesia dan China.
"Saya sempat melihat perkembangan Indonesia dan menikmatin kekayaan budaya Indonesia saat saya berkunjung 20 tahun lalu. Waktu terasa begitu cepat berlalu namun hingga kini berbagai kenangan indah itu masih jelas teringat oleh saya," kata Xi Jinping.

Menurut dia hari ini dia kembali menginjakkan kaki di Indonesia dan merasakan hubungan bilateral kedua negara sangat baik.
"Hubungan Tiongkok dengan Indonesia adalah negara bertetangga yang telah lama memiliki persahabatan proses interaksi yang terjalin begitu lama diantara kedua masyarakatnya yang menciptakan paduan sangat indah," kata Xi Jinping.
Dia mengandaikan hubungan kedua negara seperti lirik lagu Bengawan Solo "Mata airmu dari Solo, terkurung Gunung Seribu. Air mengalir sampai jauh, akhirnya ke laut".
Menurut Xi Jinping rakyat China saat ini fokus pada upaya realisasikan kebangkitan kembali bangsa China. Sementara rakyat Indonesia sedang mendorong perancangan perkembangan perekonomian dan berusaha untuk kebangkitan bangsa.
Dia kemudian mengingat sebuah lagu yang diciptakan oleh Presiden SBY berjudul "Hening".
Dimana, menurut Xi Jinping, pada Oktober 2006 Presiden SBY menghadiri puncak peringatan HUT ke-15 terjalinnya hubungan dialog China-ASEAN di provinsi Guangxi, China.
"Yang Mulia (Presiden SBY) memperoleh ilham menciptakan lagu ketika mengunjungi sungai Lijiang dan mengarang sebuah lirik :"hari yang indah berputar dalam hidupku dan kujalani bersaman" kata Xi Jinping.
Menurut dia SBY teringat masa kecil di kampung halamannya setelah melihat pemandangan gunung dan sungai di Tiongkok yang ini membuktikan kedua masyarakat Indonesia dan China mempunyai perasaan sama.
Sumber :  Tribunnews

No comments:

Post a Comment