Thursday, October 3, 2013

PERKUAT PASUKAN KHUSUSTNI AL DATANGKAN ALAT UNDERWATER BARU


Jakarta (MI) : Guna memperkuat pasukan elite di jajarannya, TNI Angkatan Laut kembali mendatangkan alat baru, Diver Propulsion Device (DPD)  buatan Amerika yang telah diuji coba di Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (3/10/2013).
DPD merupakan sebuah kendaraan bawah air yang cepat, tangguh dan dapat diandalkan untuk melakukan mobilitas di bawah air. Kendaraan underwater yang terbuat dari bahan aluminium sesuai standar Marine Grade ini, memungkinkan penyelam tempur untuk melakukan perjalanan jauh dengan cepat beserta muatannya yang tidak mungkin dilakukan secara manual maupun dengan alat lainnya.   
Alat yang berkecepatan hingga 3,2 knot dengan jarak tempuh 7,0 nautical mile, dengan sistem pendorong elektrik ini dilengkapi dengan kompas, alat pengukur kedalaman, serta tongkat cahaya yang dapat memberikan penerangan dalam keadaan gelap selama operasi di dalam air.
Pelaksanaan uji coba kendaraan tempur bawah air tersebut dilaksanakan sejak 2 s.d. 4 Oktober di Kolam Latih Jala Tirta Yudha Mabesal, Cilangkap, dan selajutnya akan diujicoba di laut di Kepulauan Seribu. Turut hadir menyaksikan ujicoba peralatan baru tersebut, Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Laut (Kadisadal) Laksamana Pertama TNI Agus Setiadji, Kepala Dinas Pengamanan Angkatan Laut (Kadispamal) Laksamana Pertama TNI Djajeng Tirto, S.Pi, S.H., M.H., serta pejabat terkait lainnya.
Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.  



Sumber : TNI AL

2 comments:

  1. ada ToT nya tidak?
    o ia gmn perkmbangan kpl selam mini crocodile buatan ITS?
    kok tdk ada iputannya lagi?

    ReplyDelete
  2. DPD seperti ini tidak perlu ToT, cukup beli...preteli...jiplak cara bikin....kemudian bikin sendiri. Sy kira tidak ada yg sulit teknologinya dari alat DPD ini...

    ReplyDelete