Monday, September 30, 2013

Perkuat Kerja Sama Bilateral, Presiden China Dekati SBY

Xi Jinping

JAKARTA (MI) : Presiden China Xi Jinping dengan didampingi oleh Ibu Negara China Peng Liyuan beserta sejumlah delegasi akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 2-3 Oktober 2013 mendatang.

Selama berada di Indonesia, Presiden Xi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Yudhoyono. Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Presiden Yudhoyono dan Presiden Xi akan membahas isu-isu yang menjadi prioritas bersama sesuai dengan kerangka Kemitraan Strategis, diantaranya meliputi kerja sama ekonomi dan pembangunan, pertahanan dan keamanan, maritim dan perikanan, serta hubungan antar-masyarakat. Selain itu, kedua pemimpin akan bertukar pandangan mengenai isu-isu regional dan global yang menjadi kepentingan bersama, termasuk kerja sama di Forum East Asia Summit, APEC dan PBB.

Presiden Yudhoyono dengan Presiden Xi juga dijadwalkan akan menyaksikan penandatanganan beberapa kesepakatan termasuk perjanjian kerja sama pembangunan kawasan industri terpadu dan MoU kerja sama perikanan.

Selain bertemu dengan Presiden Yudhoyono, Presiden Xi dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Ketua MPR, dan Ketua DPR serta membuka pameran fotografi bertemakan hubungan bilateral RI-RRT. Presiden Xi juga akan bersama-sama Presiden Yudhoyono menghadiri Business Luncheon dengan para pelaku bisnis dari kedua negara.

“Kunjungan Presiden Xi Jinping akan dimanfaatkan oleh kedua negara untuk memperkuat kerja sama bilateral yang sejatinya telah berkembang dengan pesat sejak ditandatanganinya Kemitraan Strategis pada tahun 2005," tegas Staf Khusus Presiden Bidang HI Teuku Faizasyah di Jakarta.

"Komitmen kedua kepala negara yaitu untuk semakin meningkatkan kerjasama bilateral ke depannya kiranya ditujukan untuk kemaslahatan rakyat kedua negara, utamanya bagi pemajuan ekonomi dan pembangunan,” pungkasnya.




Sumber : Jaringnews

No comments:

Post a Comment