Sunday, April 6, 2014

TNI Kerahkan 20 Ribu Prajurit Amankan Pemilu


Jakarta (MI) : Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat kerahkan 200 satuan setingkat kompi atau sekitar 20 ribu personel untuk mengamankan pemungutan suara pemilihan umum legislatif pada 9 April mendatang. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari seluruh pasukan di tiap daerah militer.

"Mengingat adanya ketegangan antar-simpatisan partai di beberapa daerah pada prakampanye, jumlah pengamanan pemilu tahun ini ditingkatkan," kata Kepala Staf TNI AD Jenderal Boediman dalam konferensi pers di Markas Besar TNI AD, Jakarta Pusat, Ahad, 6 April 2014.

Jika melihat kondisi pada pemilu sebelumnya, kata Boediman, ketegangan terjadi pada prakampanye pemilu legislatif dan prakampanye pemilihan presiden. Karena itu, Boediman mengingatkan para panglima daerah militer untuk tak luput mengawasi masa-masa tersebut. "Juga masa tenang pemilu," ujarnya.

Boediman juga meminta kepada para pangdam untuk bersinergi dengan pihak kepolisian dalam mengamankan anggota lembaga penyelenggara pemilu. Yakni Komisi Pemilihan Umum di tiap daerah dan panitia pengawas pemilu.

Boediman mengecek seluruh kesiapan pengamanan di tiap daerah militer. Pengecekan itu ia lakukan melalui telekonferensi dengan ke 13 pangdam. Seluruh pangdam menyatakan kesiapannya untuk mengamankan pemilu yang aman dan kondusif. 





Sumber : TEMPO

No comments:

Post a Comment