Sunday, September 22, 2013

PT Pindad (Persero) Lakukan Uji Munisi Meriam 105 mm



Kebumen (MI) : Pada hari Rabu tanggal 18 September tahun 2013, PT Pindad (Persero) melakukan  uji munisi meriam 105 mm. Pengujian yang dilakukan di Laboratorium Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat (Dislitbangad) Buluspesantren Kebumen ini, dilakukan untuk mendapatkan sertifikasi produk dari Dislitbangad, sebelum produk tersebut dipasarkan kepada konsumen militer. 
Munisi kaliber besar produksi Pindad ini memiliki jangkauan tembak mencapai 11 km. Munisi ini mempunyai type semi fix, fuze jenis PD (delay and super quick), dan dapat diisi propelan single/double base, dari satu hingga tujuh. 
Pengujian yang dilakukan meliputi uji jarak tembak, uji fragmentasi, uji safety arming dan uji kedap air. Setelah serangkaian pengujian ini dilakukan, hasilnya akan dinilai dan diolah sedemikian rupa hingga keluar rekomendasi dari Dislitbangad terkait kelayakan munisi tersebut untuk digunakan.
Munisi kaliber besar 105 mm ini, kini digunakan oleh Bataliyon Armed. Produk munisi milik PT Pindad (Persero) dengan jenis yang lain, seperti munisi kaliber kecil, kini digunakan untuk pasar dalam negeri. Sedangkan untuk pasar luar negeri, lebih dikhususkan untuk munisi khusus (Musus).






Sumber : PINDAD 

No comments:

Post a Comment