Thursday, September 26, 2013

KRI TELUK BONE-511 DEBARKASI YONIF LINUD 503 KOSTRAD/MOJOSARI


Surabaya (MI) : KRI Teluk Bone-511 kapal perang dari jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya, melaksanakan debarkasi personel dan material Batalyon Infanteri Lintas Udara (Yonif Linud) 503 Kostrad/Mojosari Mojokerto, Senin (23/9/2013), di Pangkalan Ujung, Surabaya.

Menurut Komandan KRI TBO-511 Letkol Laut (P) Bayu Alisyahbana, pasukan Batalyon Infanteri Lintas Udara (Yonif Linud) 503 Kostrad/Mojosari Mojokerto ini, merupakan pasukan yang tergabung dalam satuan tugas operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) di daerah perbatasan Republik Demokrat Timor Leste (RDTL), sebelum digantikan oleh pasukan Yonif 743/IX/Udayana yang juga diangkut oleh KRI TBO-511 dari Bali.

Komandan KRI TBO-511 menjelaskan bahwa debarkasi yang dilaksanakan berupa Ranmor 6 unit dan 3 sepeda motor serta 650 Personel Yonif Linud 503 Kostrad/Mojosari Mojokerto berlangsung dengan aman dan lancar. Selanjutnya usai embarkasi tersebut, pasukan Batalyon Infanteri Lintas Udara (Yonif Linud) 503 Kostrad/Mojosari Mojokerto ini diterima dalam sebuah upacara militer.

Kegiatan pergeseran pasukan dan material oleh KRI TBO-511 ini, merupakan bentuk operasi angkutan militer yang merupakan bagian dari tugas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), dengan mengerahkan kapal perang dalam melaksanakan operasi pengamanan perbatasan.

Selama pelayaran menuju Kupang maupun sebaliknya, menurut Komandan KRI TBO-511, kapalnya tidak menemui kendala, cuacapun mendukung dan selama pelayaran dilaksanakan latihan-latihan berupa peran-peran untuk meningkatkan kecakapan dan keterampilan ABK sesuai bidangnya masing-masing guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.




Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment