Sunday, May 4, 2014

Tim Inspeksi PBB Laksanakan “COE INSPECTION” Terhadap KRI FKO-368 di Beirut


Lebanon (MI) : Sebagai salah satu unit dari Maritime Task Force (MTF) di bawah bendera Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-F/UNIFIL menerima kedatangan tim inspeksi dari PBB, Jumat (2/4/2014), untuk melaksanakan Contingent Owned Equipment (COE) Inspection.
Dalam hal ini, PBB memiliki tanggung jawab untuk meyakinkan bahwa KRI Frans Kaisiepo (FKO)-368 sebagai salah satu unit MTF, telah dilengkapi dengan segala peralatan/perlengkapan serta material lainnya sesuai dengan permintaan dari UNIFIL. Selain itu, PBB juga diberi kuasa untuk memeriksa status, kondisi dan kuantitas peralatan/perlengkapan yang berada di KRI FKO-368.
Ini merupakan inspeksi pertama sejak KRI FKO-368 tiba di Beirut dan Inchop pada tanggal 8 April 2014, dimana inspeksi ini akan dilaksanakan secara berkala setiap 3 bulan sekali selama berada dan bergabung dalam MTF. Adapun tim inspeksi dari PBB yang datang adalah Mrs. Lazareva Alexandra selaku COE Inspector didampingi salah satu stafnya yaitu Mr. Pasquie Bertrand. Inspector dari MAROPS UNIFIL, CDR Sebastian Kruseona (Germany Navy) yang sehari-hari menjabat sebagai Deputy Chief Marops, didampingi oleh LTCDR. Enjin Candemir (Turkey Navy) Marops-PlanJJO, serta Mayor Laut (P) Didik Siswinardi sebagai staf pendamping dari Naval Operation Center (NOC).
Letkol Laut (P) Ade Nanno Suwardi selaku Komandan KRI FKO-368 menerima dan menyambut secara langsung tim inspeksi dari PBB di Lounge Room Perwira, yang dilanjutkan dengan pelaksanaan inspeksi. Diawali dengan sekitar 79 item pertanyaan dilayangkan kepada Komandan KRI dan perwira staf yang hadir mendampingi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut berkaitan dengan vessel capability and equipment, termasuk didalamnya adalah performance standards dari masing-masing sub-kategori sesuai dengan check list yang sudah disiapkan.
Setelah proses pemeriksaan administrasi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan secara fisik terhadap segala peralatan/perlengkapan yang dimaksud dalam check list tersebut diatas. Dimulai dengan pemeriksaan anjungan dan segala perlengkapannya, dilanjutkan ruang dan sistem komunikasi kapal, sistem radar dan Pusat Informasi Tempur, permesinan, persenjataan, perlengkapan bahari dan Rigid-hulled inflatable boat (RHIB), perlengkapan peran kebakaran dan kebocoran, perlengkapan dapur, ruang kesehatan dan kelengkapannya, kesiapan helikopter, kantor administrasi, dan bahkan perlengkapan pendukung lainnya seperti fasilitas hiburan dan olahraga.
Kegiatan COE Inspection ditutup dengan penandatanganan Verification Inspection Worksheet-Letter of Assist oleh COE Inspector, Marops Inspector dan Komandan KRI FKO-368.





Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment