Selasa, 09 Desember 2014

Skadron Udara 16 Laksanakan Operasi Tangkis Sergap-14


Pekanbaru (MI) : Setelah diresmikan pengoperasiannya oleh Kepala Staf Angkatan Udara pada Minggu lalu, satu Flight pesawat tempur F-16 Skadron Udara 16 langsung melaksanakan misi operasi udara yakni Operasi Pertahanan Udara Tangkis Sergap-14 di wilayah udara Kosekhanudnas III, Medan.

Keberangkatan satu Flight pesawat tempur Multi Role ini dilepas langsung oleh Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis di Shelter Skadron Udara 16, Senin (8/12).

Pada kesempatan tersebut Danlanud Rsn menyampaikan bahwa operasi udara pertama yang diemban oleh Skadron Udara 16 ini dipimpin langsung oleh Danskadron Udara 16, Letkol Pnb Firman Dwi Cahyo dengan pangkalan aju di Lanud Soewondo Medan.

“Sesuai dengan tugas yang diperintahkan pimpinan, Skadron Udara 16 merupakan satuan tempur dalam mengamankan wilayah udara Indonesia, khusus Indonesia bagian barat. Hari ini 3 pesawat kita terbangkan dalam melaksanakan patroli udara di wilayah udara Kosekhanudnas III dalam misi Operasi Tangkis Sergap,” demikian disampaikan Danlanud Rsn, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis.

Direncanakan operasi udara ini akan berlangsung hingga tanggal 18 Desember 2014 mendatang. 


Laksanakan Operasi Hanud PETIR MALINDO-14


Selama satu Minggu ini, pesawat tempur Hawk 100/200 Skadron Udara 12, Lanud Roesmin Nurjadin melaksanakan operasi udara bersama dengan National Air Defence Operation Centre (NADOC) Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) dengan sandi “Petir Malindo-14”, Senin (8/12)

Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis menyampaikan, operasi Hanud Petir Malindo merupakan operasi sepanjang tahun dalam melaksanakan patroli pertahanan udara terkoordinasi terhadap sasaran tidak dikenal di wilayah udara perbatasan Indonesia-Malaysia terutama di atas wilayah Selat Malaka.

Operasi pertahanan udara yang digelar di wilayah udara Kosekhanudnas III, Medan ini direncanakan akan berlangsung hingga tanggal 10 desember 2014 mendatang dengan melibatkan sejumlah satuan radar jajaran Kosekhanudnas III, Medan.

Selain bertujuan untuk saling bertukar informasi tentang situasi di wilayah udara Selat Malaka, operasi Hanud Terkoordinasi ini juga bertujuan meningkatkan kemampuan personel dalam melaksanakan operasi Hanud sekaligus menjalin hubungan kerjasama yang lebih erat lagi antar dua Negara bertetangga ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar