Kamis, 11 Desember 2014

Pedoman Pertahanan Negara Tahun 2015-2019 Demi Wujudkan Pertahanan Semesta

http://dmc.kemhan.go.id/images/uploads/719325sekjen-pedoman-pertahanan-11-des-2014.jpg

Jakarta (MI) : Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Letjen TNI R Ediwan Prabowo, Kamis (11/12), memimpin rapat pembahasan mengenai Pedoman Pertahanan Negara Tahun 2015-2019 di Kantor Kemhan, Jakarta. Pada Rencana Strategis 2015-2019, Menhan memerintahkan untuk membuat sebuah produk pertahanan. Konsep Pedoman Pertahanan Negara Tahun 2015-2019 nantinya diharapkan menjadi pegangan bagi Kementerian Pertahanan termasuk seluruh pihak yang terkait dengan pertahanan negara, sehingga dimiliki sebuah kesamaan pandang, kesamaan cara berpikir dan juga kesamaan tindak dalam rangka mewujudkan pertahanan negara yang bersifat semesta sesuai dengan pemerintahan saat ini.

Tim perumus Kemhan menyusun konsep pedoman pertahanan negara tahun 2015-2019. Produk strategis tingkat nasional ini berpedoman kepada doktrin-doktrin strategis tingkat nasional yang telah dimiliki Kemhan dalam konsep pertahanan negara. Konsep ini juga telah diselaraskan dengan arahan-arahan Presiden RI di berbagai  kesempatan serta pemikiran-pemikiran Presiden yang terkait dengan pertahanan negara. Konsep ini juga telah mewadahi pemikiran dan konsep pertahanan negara dari Menteri Pertahanan serta produk dari Kemenko Polhukam dan Kementerian terkait lainnya.

Kepada peserta rapat yang tidak hanya berasal dari Kemhan itu Sekjen meminta masukan dan pandangan dalam rangka perumusan doktrin strategis dalam upaya pertahanan negara khususnya pada periode tahun 2015-2019. Dari konsep-konsep yang telah ada itu kemudian diselaraskan dengan visi dan misi Kabinet Kerja saat ini.

Rapat ini juga mengundang perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Politik Hukum dan HAM, BIN, Mabes TNI dan Mabes Angkatan. Dalam rapat ini diharapkan terjadi diskusi yang berupa masukan sehingga dapat melengkapi dan memperkaya produk strategis pertahanan ini.
















Sumber : DMC Kemhan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar