Tuesday, December 9, 2014

Menhan RI Jadi Warga Kehormatan Korps Marinir

Jakarta (MI) : Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut, ditandai dengan penyerahan Baret Ungu dan penyematan Brevet Intai Amfibi Korps Marinir serta Brevet Anti Teror TNI Angkatan Laut oleh Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) A. Faridz Washington di lapangan Apel Brigif-2 Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (9/12/2014).

 

Prosesi Pembaretan diawali dengan masuknya 4 unit Tank BMP-3F yang mengangkut sejumlah prajurit Denjaka dan Taifib, dengan membentuk formasi di depan mimbar upacara. Sementara 3 orang penerjun free fall pembawa  Baret Ungu dan Brevet Kehormatan Trimedia serta Brevet Anti Teror Aspek Laut  mendarat tepat di depan mimbar upacara, untuk selanjutnya Dankormar Mayjen TNI (Mar) A.  Faridz Washington menyerahkan baret ungu dan menyematkan Brevet kehormatan tersebut di dada kanan Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu.

Pengangkatan dan pengukuhan Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir didasarkan pada beberapa pertimbangan, antara lain sebagai wujud penghargaan Korps Marinir kepada Pemimpin TNI atas kontribusi dan perhatiannya yang tulus kepada kemajuan dan perkembangan Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Di samping itu juga sebagai bentuk apresiasi yang tinggi atas keteladanan jiwa, sikap dan semangat integritas yang diberikan kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Upacara pengukuhan ini melibatkan sedikitnya 600 prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut, dengan Komandan Upacara Kolonel Marinir Yohanes Rudi Sulistyanto yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Brigif-1 Marinir.

Upacara pengukuhan dimeriahkan dengan beberapa demonstrasi ketangkasan prajurit, antara lain Demo infiltrasi melalui udara, sniper, dan pertempuran jarak dekat dengan menggunakan peluru tajam, terjun flag jump, defile pasukan dan material tempur yang dimiliki Korps Marinir TNI Angkatan Laut.
Sejak berdirinya Korps Marinir TNI Angkatan Laut tahun 1945, Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu merupakan orang ke-34 yang memperoleh penganugerahan sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut. 

 

Hadir dalam upacara pengukuhan ini antara lain Kepala Staf Angkatan laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio, para Asisten Panglima TNI, para Asisten Kasal, para Pangkotama TNI Angkatan Laut, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.













Sumber : MARINIR

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete