Monday, August 18, 2014

Pendaratan Perdana Pesawat Tempur F-16 C/D 52ID di Lanud Roesmin Nurjadin


Pekanbaru (MI) : Tepat pukul 02.50 UTC atau pukul 09.50 WIB dua pesawat tempur terbaru TNI Angkatan Udara jenis F-16 C/D 52ID mendarat mulus di Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (18/8). Pendaratan ini merupakan pendaratan perdananya di Lanud Roesmin Nurjadin setelah tiba di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Setelah Landing pada Runway 36, kedua pesawat langsung menuju Skadron Udara 16 dan disambut oleh Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis di Shelter Skadron Udara 16.

http://poskotanews.com/cms/wp-content/uploads/2014/08/pesawat-sub-216x180.jpg
Direncanakan kedua pesawat tempur sergap dengan nomor TS-1620 dan TS-1623 ini akan melaksanakan uji Statik Aressting Cable Mobile sebelum pesawat ini resmi beroperasional di Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dalam waktu dekat ini. Pesawat F-16 C/D 52ID dengan nomor TS-1620 ini dipiloti oleh Letkol Pnb Firman Dwi Cahyo dan Mayor Pnb Nur Alimi sedangkan pesawat TS-1623 dipiloti oleh Mayor Pnb Bambang Aprianto dan Kapten Pnb Anugerah Gigih Pratama. Penerbangan dengan Call Sign “Falcon Fligh” ini menempuh route dari Lanud Halim PK menuju Lanud Rsn dan nantinya akan bertolak menuju Lanud Iswahyudi setelah melaksanakan uji Statik Aressting Cable Mobile.

 http://tni-au.mil.id/sites/default/files/imagecache/body/2014-08/2014-08-18-F16.jpg
Sebagaimana diketahui, Sebanyak 24 unit pesawat tempur sergap F-16 C/D 52ID akan menambah kekuatan TNI Angaktan Udara yang akan ditempatkan didua Skadron Udara tempur yakni Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru dan Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi, Madiun. Ke 24 pesawat ini derencanakan akan datang secara bertahap hingga akhir 2015 nanti.

Saat ini seluruh pelaksanaan pembangunan Skadron Udara 16 dengan segala fasilitasnya telah rampung dilaksanakan dan siap menerima kedatangan pesawat tempur yang memiliki kemampuan mutakhir setara dengan kemampuan avionik pada F-16C/D Block 52.   Selamat datang “Falcon Flight” di Bumi Lancang Kuning.



Pesawat F-16 Tempuh Madiun-Pekanbaru 106 Menit

 

Satu Flight pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi, Madiun mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin. Setelah menempuh Ferry Flight dengan rute Madiun (Pulau Jawa)- Pekanbaru (Sumatera) selama lebih kurang 106 menit.

Penerbangan dengan Call Sight “Falcon Flight” dengan Flight Leader Mayor Pnb G.M Yoga Ambara mendarat mulus di Lanud Roesmin Nurjadin pada pukul 14.06 WIB dan disambut oleh Danskadron Udara 12, Letkol Pnb Reka Budiarsa.

Setibanya di kota Pekanbaru para fighters  yang mengawaki pesawat multi role tersebut langsung bergabung dengan fighters lainnya dari Skadron Udara 12, Skadron Udara 1 Lanud Supadio dan Skadron 145 RSAF yang akan mengikuti latihan bersama antara TNI AU dengan Republik Singapore Air Force yang bertajuk “Join Faghter Weapon Cource” JFWC yang dipusatkan di Lanud Roesmin Nurjadin.

JFWC merupakan latihan bersama yang digelar oleh TNI AU dan RSAF dengan tujuan meningkatkan kemampuan para penerbang tempur kedua negara dalam menggunakan pesawat tempur sebagai senjata dalam memenangkan setiap pertempuran. Pada pelaksanaannya JFWC akan memanfaatkan fasilitas latihan Air Combat Manuevering Instrumentation untuk pelaksanaan pertempuran udara “Dogfight” atau Air to Air  dan fasilitas AWR Siabu untuk penembakan udara ke sasaran yang ada di darat atau Air to ground.








Sumber : Poskotanews , TNI AU

No comments:

Post a Comment