Tuesday, August 19, 2014

Kodam Tanjungpura Tambah Pos di Perbatasan Sarawak

Sejumlah pasukan TNI AD Yonif Linud 433 Kostrad meneriakan 'yel-yel' usai mengikuti upacara pelepasan pasukan penjaga perbatasan di Dermaga Lantamal VI Makassar, Sulsel, Jumat (15/8).

Pontianak (MI) : Untuk menjaga dan mengamankan wilayah perbatasan di Kalimantan Barat yang berbatasan dengan Sarawak Malaysia dari berbagai tindakan atau aktifitas yang ilegal, TNI AD dalam hal ini Kodam Tanjungpura akan menambah pos pengamanan di perbatasan.

"Saat ini jumlah pos pengamanan yang ada di perbatasan baru 39 pos," kata Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Ibrahim Saleh kepda wartawan, Senin (18/8).
Selain itu, kata Pangdam, saat ini juga sedang dibangun 5 pos. "Jika lima pos yang sedang dibangun sudah selesai maka ada 44 pos pengamanan di perbatasan Kalbar dengan Sarawak Malaysia," tambah Ibrahim.

Selanjutnya, jelas dia, sedang direncanakan untuk membangun pos tambahan khususnya untuk daerah paling ujung Kalimantan Barat, di daerah Kapuashulu. Menurut Pangdam, untuk wilayah kapuashulu masih ada daerah yang belum memiliki pos pengamanan.

"Dengan penambahan pos itu diharapkan pelaksanaan tugas TNI menjaga kesatuan NKRI dan menjaga daerah perbatasan di Kalbar akan semakin baik. Kami juga akan semakin meningkatkan pengawasan dari berbagai tindakan ilegal di perbatasan," kata dia.

Selama ini, lanjut Pangdam, diduga banyak aktifitas ilegal yang berlangsung di wilayah perbatasan yang sangat merugikan bangsa dan negara. Dengan penambahan pos pengamanan dan personil, semua aktifitas tersebut dapat dipantau dan diantisipasi dengan baik.

"Sekarang ini, kondisi daerah perbatasan sudah cukup baik dan kondusif dan kesadaran masyarakat sangat terjaga. Kami meminta kesadaran masyarakat yang selama ini melakukan tindaan atau aktifitas yang ilegal agar tidak mengulagi atau melakukannya lagi," pungkasnya.








Sumber :  Beritasatu

No comments:

Post a Comment